Meerkat yang Selalu Waspada

By Iveta Rahmalia, Minggu, 24 September 2017 | 08:35 WIB
Meerkat yang selalu waspada. (Iveta Rahmalia)

Selain dikenal bisa menggali tanah dengan sangat cepat, meerkat juga dikenal sebagai hewan yang selalu waspada. Yuk, kita kenalan!

Hidup di Bawah Tanah

Bentuk meerkat mirip dengan musang. Mereka hidup berkelompok. Satu kelompok meerkat bisa terdiri dari 20-50 ekor. O iya, meerkat hobi sekali menggali tanah. Mereka menggali tanah untuk mencari makan atau membuat lorong-lorong di dalam tanah sebagai tempat tinggal.

Karena meerkat tidak memiliki cadangan lemak di tubuhnya, setiap hari di waktu siang mereka harus mencari makan. Makanan yang sering dicarinya adalah kadal, laba-laba, telur,mamalia kecil, sampai kalajengking. Kalajengking yang beracun itu? Yap! Hebatnya, meerkat kebal terhadap racun kalajengking.

Saling Melindungi

Meerkat memiliki penglihatan, pendengaran, dan penciuman yang tajam. Mereka sangat waspada terhadap pemangsa atau hewan lain yang berbahaya. Di dalam sebuah kelompok, ada satu ekor meerkat yang bertugas sebagai pengawas saat mereka mencari makan.

Pengawas itu bertugas untuk mengawasi pemangsa yang mungkin datang. Sambil berdiri dengan dua kaki, meerkat pengawas siap menjaga teman-temannya.

Biasanya, setiap satu jam sekali, meerkat akan bergantian menjadi pengawas. Ketika ada bahaya datang, meerkat memberi kode kepada teman-temannya. Caranya, dengan mengeluarkan suara peringatan, agar meerkat lain segera berlindung di lubang.

Setelah itu, tugas si pengawas belum selesai, lo. Meerkat pengawas harus keluar terlebih dahulu dari lubang untuk memastikan keadaan di luar. Jika keadaan di luar sudah aman, barulah meerkat pengawas memberikan kode suara untuk memberi tahu meerkat-meerkat lainnya.

O iya, meerkat dikenal juga sebagai hewan yang penyayang. Dalam satu kelompok, meerkat akan saling melindungi, berbagi, dan bersama mengasuh meerkat-meerkat kecil.