Angel Flight, Jalur Kereta Terpendek di Dunia

By Aan Madrus, Selasa, 22 Agustus 2017 | 04:12 WIB
Kita bisa melihat 2 stasiun pemberangkatan Angel Flight (Aan Madrus)

Coba tebak, berapa panjang jalur kereta terpendek di dunia? Ups, ternyata hanya 91 meter. Jalur yang bernama Angel Flight ini ada di distrik Bunker Hill, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Waktu Tempuh Satu Menit

Jalur kereta itu sudah ada sejak tahun 1901, menghubungkan Hill Street yang ada di atas bukit dan Olive Street yang ada di kaki bukit. Waktu tempuhnya hanya satu menit. Angel Flight dilintasi oleh dua buah kereta kecil, masing-masing berpenumpang sekitar 15 orang. Namanya Sinai dan Olivet. Kedua kereta itu berangkat secara bersamaan dari dua stasiun yang berbeda. Karena naik bukit, lintasan kereta itu jadi miring. Uniknya, tempat duduk di dalam kereta dibuat berundak, seperti tangga.

Penah Ditutup dan Dibuka Lagi

Pada tahun 1969, Angel Flight berhenti beroperasi karena distrik Bunker Hill telah berubah menjadi daerah modern sehingga Angel Flight tidak diperlukan lagi. Pada tahun 1996, warga setempat mengajukan permohonan agar Angel Flight beroperasi kembali. Sejak itu Angel Flight dioperasikan lagi. Lalu, tahun 2001 ditutup lagi karena terjadi kecelakaan.

Pada tahun 2010, Angel Flight dapat izin beroperasi kembali. Tetapi sayang di tahun 2013 kecelakaan kembali terjadi. Meski tidak ada yang terluka, kecelakaan ini menyebabkan pemerintah setempat enggan memberi izin Angel Flight beroperasi. Orang mengira nasib Angel Flight sudah berakhir.

Kabar gembira datang pada bulan Maret 2017 yang lalu. Dikabarkan bahwa Angels Flight akan dioperasikan kembali setelah seluruh keamanannya terjamin.

Foto: Creative Commons