Air Terjun Lematang Indah

By willa widiana, Senin, 21 Agustus 2017 | 11:00 WIB
Air Terjun Lematang Indah (willa widiana)

Air terjun ini tidak memiliki kolam di bawahnya. Sebab, airnya jatuh tepat di aliran sungai. Selain itu, ada penyeberangan unik yang bikin main di sini jadi lebih asyik.

Air Terjun di Atas Sungai

Air Terjun Lematang Indah terletak di Pagaralam, Sumatera Selatan. Air terjun ini lokasinya tepat di atas batang sungai Lematang Indah. Jika ingin menikmati air terjun ini, kita harus menyeberang sungai. Dulu, kita dapat menyeberang lewat jembatan. Sayang, jembatan itu sekarang sudah rusak. Namun, kita dapat menyeberangi sungai dengan cara yang asyik.

Penyeberangan Unik

Kita dapat menyeberangi sungai naik ban karet. Ada orang-orang yang menyewakannya. Bukan hanya menyewakan, mereka juga akan menyeberangkan kita. Caranya, kita duduk di atas ban yang sudah dilengkapi tempat pijakan kaki dan pegangan. Lalu, pemilik ban akan berenang sambil mendorong ban ke seberang. Ongkos menyeberang bolak-balik Rp.5.000,00 per orang. Satu ban karet dapat menampung delapan orang dewasa.

Wisata Ban Karet

Selain untuk menyeberang, ban karet juga disewakan untuk berwisata menyusuri sungai. Biasanya, pemilik ban akan menawarkan pada kita apakah mau menyeberang saja atau sekalian berarung jeram. Ada dua paket, yakni paket dekat dan jauh.

Paket dekat adalah menyusuri sungai Lematang Indah dari hulu yang jaraknya 200 meter dari lokasi air terjun. Ongkos sewanya Rp.15.000,00. Jika mau dilewatkan di bawah air terjun, ongkosnya Rp.20.000,00. Paket jauh bisa sampai 3 kilometer. Ongkos sewanya Rp.500.000,00.

Selain menikmati air terjun, kita mendapat pengalaman menyeberangi sungai yang unik di Lematang Indah. Asyik, lo....

Teks: Joko, Foto: Ricky Martin