Pantai Lumban Bulbul, Pantai Air Tawar di Balige

By Yomi Hanna, Selasa, 22 Agustus 2017 | 09:15 WIB
Pantai Lumban Bulbul Balige | Foto: Hanna Vivaldi (Hanna Vivaldi)

Biasanya pantai yang kita tahu adalah berair asin, berbeda dengan pantai Lumban Bulbul yang berair tawar. Di manakah kira-kira pantai ini berada, ya?

Pantai Air Tawar dengan Pasir Putih

Pantai Lumban Bulbul terletak di Sumatera Utara, lebih tepatnya di Desa Lumban Bulbul, Balige, Toba Samosir. Berbeda dari pantai pada umumnya, pantai air tawar ini berada di tepi sekitar Danau Toba.

Di pinggiran pantainya terdapat pasir putih yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini. Dari pantai ini, teman-teman dapat memandang keindahan Danau Toba, serta pemandangan bukit-bukit, dan melihat hijaunya pohon-pohon yang terlihat dari kejauhan.

Pantai Lumban Bulbul menjadi satu-satunya pantai yang berpasir putih di daerah Balige, yang mulai ramai dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan yang berasal dari daerah itu sendiri, maupun yang berasal dari luar daerah.

Bermain Air dengan Menyenangkan di Pantai Lumban Bulbul

Kedalaman dari air pantai ini hanya sebatas pinggang, jadi teman-teman tidak perlu takut untuk bermain di sekitaran pantai Lumban Bulbul ini. Selain itu, air di sini juga masih bersih.

Kita juga bisa bermain perosotan dan langsung meluncur ke daerah air yang dangkal. Selain itu, di pantai ini terdapat tangga untuk melompat dan jembatan yang bisa dijadikan sebagai spot foto di tengah air.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama, mengisi hari libur sekolah. Saat sore, kita bisa melihat matahari terbenam, yang merupakan pemandangan memukau di pantai ini sambil duduk-duduk di pondok yang ada di pinggiran pantai. Bagi teman-teman yang lupa membawa bekal atau makanan jangan khawatir, karena di sini juga terdapat kantin.

Tidak Perlu Membeli Tiket Masuk

Kita tidak perlu membeli tiket masuk untuk datang ke pantai Lumban Bulbul ini. Hanya saja, bagi yang datang membawa mobil, kita cukup membayar uang parkirnya.

Untuk menghibur wisatawan yang datang ke pantai ini, dibuatlah konser yang diisi oleh artis-artis Batak setiap dua kali seminggu. Diharapkan dengan cara ini, keindahan pantai Lumban Bulbul semakin dikenal banyak orang.