Mengenal Mongolia, Negara Paling Sepi di Dunia

By Iveta Rahmalia, Selasa, 22 Agustus 2017 | 09:45 WIB
Penduduk Mongolia menggunakan pakaian tradisionalnya. (Iveta Rahmalia)

Jika India merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak, maka negara dengan penduduk paling sepi di dunia adalah Mongolia. Meski demikian, ternyata ada banyak hal unik di negara ini. Apa saja, ya?

Lebih Banyak Jumlah Hewan daripada Penduduk

Mongolia berada di Asia Timur dan berbatasan langsung dengan Tiongkok serta Rusia. Luasnya sekitar 1.564.116 km2. Kata Mongolia sendiri berasal dari mong yang berarti berani.

Nah, jika India merupakan salah satu negara dengan penduduk terpadat, maka sebaliknya dengan Mongolia. Mongolia malah dikenal karena jumlah penduduknya yang sedikit, sehingga Mongolia menjadi negara yang sepi.

Bahkan, di Mongolia jumlah ternak bisa lebih banyak daripada jumlah penduduk. Misalnya saja ternak domba serta kuda, jumlahnya bisa berkali-kali lipat dari jumlah penduduk. Selain itu, masih ada beberapa fakta unik lain mengenai Mongolia, lo!

Gurun Pasir Terbesar

Tahukah teman-teman, bahwa Gurun Gobi yang terkenal itu ada di Mongolia? Yap! Gurun Gobi dikenal luas, sebab gurun ini merupakan salah satu gurun terbesar di Asia. Sedangkan jika dibandingkan dengan gurun-gurun lainnya dari seluruh dunia, maka Gurun Gobi menempati urutan ke-5 terluas!

Langit yang Hampir Selalu Cerah

Langit cerah mendominasi di Mongolia, sebab dalam satu tahun (365 hari), ada sekitar 260 hari yang cerah di Mongolia. Oleh sebab itu, negara ini dijuluki juga sebagai Land of the Blue Sky karena saking cerahnya!

Nah, di Mongolia juga ada sebuah hewan asli yang sangat menarik, yaitu macan tutul salju. Sebagian populasi hewan yang tidak dapat mengaum dan mendengkur ini konon memang bertempat tinggal di Mongolia.

Punya Festival Sendiri

Yap, setiap daerah tentu memiliki acara festival sendiri, tak terkecuali Mongolia. Di Mongolia ada sebuah festival olahraga tahunan yang dikenal dengan nama Naadam Festival. Di festival ini, orang-orang akan datang untuk bertanding balap kuda, panah, maupun gulat. Ketiganya merupakan hal wajib dan cukup penting dalam Naadam Festival.