Wah, Ada Kapsul Susu Ramah Lingkungan!

By Yomi Hanna, Rabu, 23 Agustus 2017 | 08:05 WIB
Kapsul Susu (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman suka minum susu? Susu memang sangat nikmat saat diteguk. Selain karena rasanya yang manis, susu juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang kita.

Ilmuwan Jerman Membuat Kapsul Susu

Susu dikemas dalam berbagai bentuk. Ada susu bubuk yang dikemas di dalam kotak, ada juga susu cair yang dikemas di dalam karton atau botol kecil sehingga praktis diminum dengan sedotan.

Namun baru-baru ini, para ilmuwan di Jerman mengembangkan sebuah kapsul susu yang dapat dicemplungkan langsung ke dalam air panas. Kapsul susu ini tanpa kemasan, sehingga lebih praktis jika dibandingkan dengan susu kemasan karton yang biasa kita gunakan.

Terinspirasi dari Bentuk Gula Batu

Kapsul susu yang dibuat layaknya seperti gula batu, yaitu gula yang berbentuk padat. Para ilmuwan pembuat kapsul susu ini memang terinspirasi dari cara kerja gula batu, yaitu dengan membuat lapisan kristal yang dapat menjaga kandungan susu, sampai kapsul susu itu siap dicelupkan dalam air.

Proses Pembuatan Kapsul Susu

Kapsul susu dibuat dari susu yang sudah dicampurkan dengan gula, kemudian dicetak hingga larutannya mendingin. Setelah dingin, gula yang ditambahkan tadi akan bergerak ke bagian pinggir cetakan membentuk kristal, sehingga gula itu sebagai kantong yang menyimpan susu di dalamnya. Inilah yang disebut kapsul susu. Kapsul susu dapat bertahan di suhu ruangan selama tiga minggu.

Ketika kapsul susu dimasukkan ke dalam air panas, lapisan luarnya yang merupakan zat gula akan larut, begitu juga dengan susu yang di dalamnya. Gula dan susu pun tercampur dalam air, sehingga tidak ada kemasan atau pembungkus yang tersisa. Karena tidak ada kemasan atau pembungkusnya, adanya kapsul susu ini dapat mengurangi sampah kemasan.

Jenis Kapsul Susu Berdasarkan Tingkat Kemanisannya

Susu yang dibuat dalam bentuk kapsul ini tersedia dalam dua jenis berdasarkan jumlah gula yang ditambahkan ke dalamnya. Sayang sekali belum ada kapsul yang isinya susu saja,  tanpa ada gula tambahannya. Namun tenang saja, ternyata saat ini para ilmuwan sedang mengerjakannya.

Kapsul Susu Ramah Lingkungan

Saat ini kapsul susu masih terus dikembangkan dan masih harus melalui serangkaian uji kesehatan dan keselamatan. Mungkin jika proses ini selesai, barulah kapsul susu bisa diproduksi lebih banyak dan dijual ke masyarakat umum. Kalau benar-benar diproduksi, ini akan menjadi kabar baik bagi lingkungan kita, karena dapat mengurangi sampah.