Uniknya Air Terjun 7 Tingkat di Anambas

By Sigit Wahyu, Rabu, 27 September 2017 | 05:05 WIB
Air Terjun Temurun di Anambas. (Sigit Wahyu)

Di Pulau Siantan, Kabupaten Anambas, ada air terjun cantik yang tak boleh dilewatkan saat kita jalan-jalan di Provinsi Kepulauan Riau. Penduduk setempat menyebutnya Air Terjun Temurun.

Tujuh Tingkatan

Air Terjun Temurun terkenal karena keunikannya, yaitu memiliki air terjun bertingkat-tingkat. Dari kejauhan, air terjun setinggi 100 meter ini terdiri 7 teras air terjun, dimana masing-masing tingkat memiliki keunikan tersendiri.

Air Terjun Temurun berasal dari aliran Sungai Baruk yang memiliki mata air di kaki bukit pada ketinggian 250 meter di atas laut. Air terjun ini tak pernah kering di musim kemarau karena mata airnya berasal dari rimbunnya hutan yang masih alami. Airnya terasa dingin dan segar.     

Setelah melewati air terjun, air dari Sungai Beruk ini akan melanjutkan perjalanan ke arah muara. Sesampai di muara air sungai akan melewati hutan bakau sebelum  bergabung dengan air laut di Selat Peniting.

Desa Batu Belah

Air Terjun Temurun terletak di Desa Batu Belah. Dari Kecamatan Siantan, kita bisa naik perahu pompong selama 30 menit menyusuri pantai di Selat Peniting. Sesampai di Pulau Siantan, kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit lagi melewati jalan setapak yang menanjak ke arah air terjun.

Perjalanan menanjak ke arah air terjun memang terasa melelahkan. Namun, saat kita beristirahat dan berbalik melihat ke arah laut, tampaklah pemandangan yang sangat indah. Apalagi kalau sudah sampai di puncak air terjun. Pemandangan di sekitar Air Terjun Temurun ini sungguh sangat memesona.

Sumber foto:  tribunews.com/SM Rohman