4 Cabang Olahraga dalam SEA Games 2017

By Marisa Febrilian, Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:45 WIB
Olaharaga panahan, salah satu olahraga yang dilombakan pada ajang SEA GAMES (Marisa Febrilian)

Pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) adalah sebuah ajang olahraga yang melibatkan negara-negara di ASEAN. Tujuan dibentuknya SEA Games adalah sebagai pengerat hubungan antarnegara di ASEAN. Ada banyak cabang olahraga yang diperlombakan di SEA Games 2017, berikut ini adalah 4 di antaranya.

1. Sepak Takraw

Sepak Takraw merupakan olahraga yang dimainkan di lapangan bulu tangkis. Olahraga sepak takraw merupakan gabungan antara olahraga sepak bola dengan voli. Dulu, bola yang digunakan dalam olahraga sepak takraw adalah bola yang terbuat dari rotan yang dianyam. Sekarang, olahraga sepak takraw dimainkan dengan bola yang terbuat dari plastik. Pemain dalam olahraga ini terdiri dari 3 orang. Bermainnya seperti olahraga bola voli, tapi tidak dipukul dengan tangan, melainkan disepak atau ditendang dengan kaki sampai melewati net.

2. Triathlon

Olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang menggabungkan 3 jenis olahraga sekaligus. Dalam bahasa Yunani, kata Athlon artinya kontes. Olahraga ini menguji ketahan fisik, soalnya olahraga ini terdiri dari 3 macam cabang olahraga, yakni renang, sepeda, dan lari. Nah, setiap cabang olahraganya, mempunyai jarak tempuh yang berbeda-beda. Jadi, setiap atlet yang sedang berlomba olahraga triathlon, harus menyelesaikan satu cabang olahraga dulu, baru melanjutkan ke cabang olahraga lainnya. Pantas saja, membutuhkan fisik yang kuat. Selain itu, strategi dalam mengatur tenaga juga diperlukan dalam olahraga ini, lo. Tujuannya, supaya tenaga kita tetap terjaga selama perlombaan. Atlet yang berhasil menyelesaikan olahraga ini disebut Ironman.

Baca: Triathlon, Gabungan 3 Jenis Olahraga Sekaligus

3. Pentaque

Olahraga ketiga adalah olahraga Pentaque. Olahraga ini berasal dari Prancis. Permainan olahraga ini adalah melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu disebut cochonet. Di Perancis, oleharaga ini sudah ada sejak abad 20. Sedangkan di Indonesia, olahraga Pentaque baru dilombakan pada tahun 2011 saat Sea Games di Palembang. Olaharaga Pentaque bisa dimainkan di atas tanah atau lapangan berumput berukuran 4x15 meter. Olaharaga ini membutuhkan konsetrasi tinggi, supaya lemparannya mengenai sasaran.

4. Panahan

Kalau olahraga yang satu ini, ditemukan sejak 5.000 tahun lalu. Zaman dahulu, panahan digunakan sebagai senjata untuk berperang dan berburu. Saat melakukan panahan, kita memerlukan busur dan panah.

Panahan bekembang dimulai sejak tahun 1676 di Inggris. Pada tahun 1844, diadakan kejuaraan Nasional panahan yang diberi nama GNAS (Grand National Archery Society). Olahraga panahan adalah olahraga yang menguji ketepatan membidik sasaran.

Nah, siapa yang tahu cabang olahraga apa lagi yang dilombakan dalam ajang SEA Games 2017?