Gerenuk, Kijang Berleher Panjang

By Iveta Rahmalia, Rabu, 23 Agustus 2017 | 10:05 WIB
Gerenuk punya leher yang panjang seperti jerapah. (Iveta Rahmalia)

Meski berleher panjang, hewan ini bukan termasuk keluarga jerapah, lo. Ia digolongkan sebagai keluarga kijang. Namanya gerenuk.

Leher Panjang

Kijang ini memiliki leher yang panjang seperti jerapah, itulah sebabnya ia dinamakan gerenuk. Gerenuk diambil dari bahasa Somalia yang artinya leher jerepah. Gerenuk sering terlihat di antara semak berduri dan gurun di wilayah Somalia, Kenya, Ethiopia, dan Tanzania.

Makan Dedaunan

Gerenuk suka sekali makan dedauan. Lehernya yang panjang membuat gerenuk tidak perlu susah-susah mengambil daun. Gerenuk juga sering terlihat mengangkat kedua kaki depannya, agar posisi badannya lebih tinggi, seperti sedang berdiri mengambil daun. 

Tidak Perlu Minum

Sekali makan daun, gerenuk makan banyaaak sekali. Ternyata, daun-daun yang dimakan oleh gerenuk itu bisa membuat ia tidak perlu minum. Itu karena daun-daun yang dimakan gerenuk mengandung mineral yang memberikan energi kepada gerenuk. Jadi, gerenuk tidak perlu susah-susah ke sumber air yang sering penuh dikunjungi hewan-hewan lain.

Suka Menolong

Generuk jantan memiliki tanduk di kepalanya. Tanduk ini biasanya digunakan untuk berkelahi mempertahankan daerah kekuasaannya. Walaupun generuk jantan sering sekali berkelahi, gerenuk sebenarnya hewan yang rendah hati. Menurut para peneliti, gerenuk sering terlihat menolong gerenuk lainnya.

Unik, ya? Sayang sekali, gerenuk sekarang hampir terancam punah.