Kisah Terciptanya TTS

By Aan Madrus, Kamis, 24 Agustus 2017 | 04:15 WIB
1 (Aan Madrus)

Teka Teki Silang nama aslinya. Tapi ia lebih sering disebut TTS. TTS adalah permainan seru. Berupa kotak-kotak yang harus diisi dengan kata sesuai pertanyaan. Bila kotak itu belum terisi, bikin penasaran pemainnya.

Pak Arthur Wynne adalah orang yang menciptakan permainan asah otak ini. Ia bekerja di kantor redaksi Koran New York World. Pada suatu hari ia diminta pimpinannya untuk membuat permainan tertulis yang akan dimuat di koran. Pak Arthur berpikir keras, lalu ia teringat pada permainan tebak kata yang suka dimainkan pada masa kecilnya. Permainan itu namanya Magic Squares.

Dari permainan itu Pak Arthur mulai membuat kota-kotak di kertas. Lalu mengisinya dengan kata-kata yang saling berhubungan. Lalu ia membuat pertanyaan atas kata-kata yang disusunnya. Kata-kata yang ia susun dihapusnya. Lalu ia mencoba mengisi kembali kota-kotak dengan menjawab pertanyaan.

TTS yang pertama dimuat di Koran New York World pada tanggal 21 Desember 1913. Bentuknya belah ketupat. Pertanyaan-pertanyaannya sangat mudah.  Ternyata permainan ini menarik para pembaca, sehingga menjadi rubrik tetap di koran itu. Tak lama kemudian koran-koran lain pun memuat TTS.

TTS yang dalam bahasa Inggris disebut Crossword Puzzle ini sampai sekarang masih disukai banyak orang. Kamu juga suka, kan?