Kambing yang Pandai Memanjat Pohon

By Aan Madrus, Jumat, 25 Agustus 2017 | 04:05 WIB
Kambing tamri pandai memanjat pohon (Aan Madrus)

Lihat, kambing ini pandai memanjat poho! Kambing jenis apakah ini?

Ups, ternyata ia kambing biasa. Tetapi, karena ia hidup di daerah gersang yang hanya ditumbuhi pohon tinggi, ia jadi terbiasa naik pohon supaya bisa mendapatkan daun dan rantingnya.

Daerah gersang itu namanya Tamri. Terletak di sebelah timur Maroko. Di Tamri pohon sangat langka, tetapi di sana banyak kambing.

Kaki kambing itu sudah menyesuaikan diri dengan kebiasaannya memanjat pohon. Ya, secara umum, kaki kambing itu terbelah dua. Kedua belahan itu dibatasi dengan celah yang sempit. Pada kambing tamri, celah itu bisa dilebarkan. Ketika kambing tamri memanjat pohon, celah itu digunakan untuk menggenggam atau menjepit batang atau ranting pohon. Telapak kakinya juga sangat lunak sehingga kakinya tidak terasa sakit waktu menggenggam permukaan ranting. Mereka pun bisa bertahan lama di atas pohon.

Pohon yang bisa dipanjat kambing tamri adalah pohon argan. Pohon ini memiliki dahan dan ranting yang rindang dan rendah sehingga kambing tamri mudah memanjatnya. Kambing tamri biasanya makan daun dan buah argan. Uniknya kambing tamri tak bisa mencerna biji buah argan. Biji-biji itu akan terbuang bersama kotorannya. Kotoran biji argan itu akan dikumpulkan oleh warga untuk dibuat minyak. Minyak yang merupakan bahan kosmetik itu harganya mahal.

Foto: pixabay