Green Games di Sea Games 2017

By Aan Madrus, Selasa, 29 Agustus 2017 | 04:38 WIB
Malaysia National Aquatic Center (Aan Madrus)

Green Games adalah pertandingan olah raga yang ramah lingkungan. Dalam Sea Games 2017,  Malaysian Organizing Committe for Kuala Lumpur 2017 (MASOC) membuat cabang olah raga renang sebagai cabang olah raga yang ramah lingkungan.

MASOC telah bekerja sama dengan Australian Innovative Systems (AISystems) untuk mempertahankan kadar klorin dalam air di Malaysia National Aquatic Center. Ini adalah kolam renang tempat lomba renang berlangsung.

Klorin adalah zat pemutih dan pembunuh kuman dalam air, sehingga air jadi bersih dan bening.

Untuk Sea Games 2017 ini,  AISystems melakukan program EcoLine. Selain memusnahkan kuman dalam air, EcoLine mengubah mineral dan garam-garam yang terkandung dalam air menjadi klorin lewat proses elektrolisis. Elektrolisis adalah penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik. Dalam hal ini energi listrik diubah menjadi energi kimia. Klorin yang dihasilkan secara perlahan dikembalikan ke dalam air kolam. Sementara klorin yang sudah kadaluarsa dihilangkan.

Dengan menggunakan teknologi EcoLine, air dalam kolam selalu terjaga kebersihannya. Para perenang pun dapat berenang dengan nyaman, tidak perlu khawatir terjangkit penyakit yang disebabkan oleh kuman dalam air. Selain itu, air kolam yang jernih, membuat para perenang bisa melihat dengan jelas saat berada dalam air.

Ada lagi kelebihannya, yaitu kolam tidak perlu sering dibersihkan. Dengan demikian ada penghematan air yang luar biasa besar. Itu karena dalam proses membersihkan kolam, air kolam biasanya dibuang, lalu dimasukkan air baru ke dalam kolam dan diberikan klorin supaya air jernih dan bersih.

Hmm … pantaslah kalau cabang olah raga renang di Sea Games 2017 ini disebut green games.