5 Fakta Unik Acara SEA Games 2017

By Eka Kartika, Jumat, 25 Agustus 2017 | 10:35 WIB
Sea Games 2017, Foto: Wikipedia (Eka Kartika)

SEA Games 2017 dimulai pada 19-31 Agustus 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Para atlet dari negara-negara di Asia Tenggara pun berjuang demi mengharumkan nama bangsa. Tak terkecuali juga para atlet tanah air tercinta, Indonesia. Di balik acara Sea Games 2017, terdapat beberapa fakta unik yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja, ya, kira - kira?

  1. Pertandingan sepak bola antara Indonesia melawan Filipina beebrapa waktu lalu berlangsung pada pukul 19.45 WIB. Jam itu menunjukkan tahun kemerdekaan Indonesia, lo.
  1. Di pagi hari, sebelum melakukan pertandingan sepak bola melawan Filipina, timnas sepak bola Indonesia U-22 sempat mengadakan upacara bendera di lapangan Kelab Aman, Lorong Damai, Kuala Lumpur.
  1. Dalam setiap acara SEA Games, selalu ada buku panduan. Biasanya, buku itu dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games.  Sayang, pada SEA Games 2017 ini, ada kejadian yang mengecewakan. Pada halaman 80 di buku panduan itu, bendera Indonesia tercetak terbalik menjadi putih merah. Pemerintah Malaysia pun segera memperbaiki dan meminta maaf.
  1. SEA Games 2017 memiliki maskot bernama Rimau yang digambarkan sebagai seekor harimau. Nah, Rimau ini merupakan singkatan dari Respect, Integrity, Move, Attitude, dan Unity. Jika diartikan, Rimau merupakan simbol sikap saling menghargai dan menjaga integritas, bergerak bersama dalam menciptakan sejarah baru, serta  bersikap positif dan bersatu merayakan pesta olahraga Asia Tenggara.
  1. Baton atau tongkat kecil yang digunakan untuk estafet baton, didesain khusus oleh perusahaan retail ternama di dunia. Perusahaan itu kabarnya akan menjual baton ke masyarakat umum dengan harga sekitar 4,5 juta rupiah. Wow, angka yang menakjubkan untuk sebuah tongkat, ya, Teman – teman!