Anggrek Hantu yang Beraroma Busuk

By willa widiana, Selasa, 29 Agustus 2017 | 05:45 WIB
Anggrek Hantu yang Beraroma Busuk (willa widiana)

Indonesia punya anggrek hantu spesies baru, lo. Namanya Gastrodia bambu. Ia punya aroma busuk, sangat berbeda dengan anggrek lain yang memiliki aroma segar dan wangi.

Tak Terduga

Anggrek ini suka tempat yang gelap, lembab, dan berdekatan dengan rumpun bambu yang lebat dan sudah tua. Selain itu, kemunculan anggrek ini juga tak terduga. Karena hal itu, anggrek ini pun masuk ke dalam golongan anggrek hantu (holomikotropik).

Tak Punya Daun

Gastrodia bambu tidak bisa melakukan fotosintesis, karena tidak memiliki daun. Meski tidak memiliki daun, anggrek ini tidak menjadi tanaman parasit. Bagaimana anggrek ini mencari makan? Jawabannya masih belum diketahui.

Bunganya Cokelat

Anggrek biasanya memiliki bunga yang indah dan wangi. Tetapi, Gastrodia bambu tidak demikian. Anggrek ini memiliki bunga berbentuk lonceng, berwarna cokelat, dan beraroma busuk yang bisa mengundang kehadiran serangga. Konon, aroma anggrek ini mirip dengan bau ikan yang sudah busuk.

Sebuah Gastrodia bambu  biasanya mengeluarkan 8 buah kuntum bunga. Ke delapan kuntum bunga itu akan mekar secara bergantian. O iya, pertumbuhan anggrek ini akan terganggu, jika ada kekeringan, cahaya yang berlebihan, hingga perubahan di tempat ia tumbuh.

Anggrek unik ini ditemukan oleh taksonom dari Kebun Raya Purwodadi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan biolog dari Universitas Indonesia.

Semoga saja anggrek hantu yang beraroma busuk ini bisa terjaga keberadaannya, ya, Teman-teman.

Foto: Destario – LIPI