Pasukan Putih Alias Awan si Penghuni Langit

By Marisa Febrilian, Rabu, 30 Agustus 2017 | 03:35 WIB
Cumulonimbus, awan yang bervolume besar dan menjulang dari ketinggian rendah hingga sangat tinggi (Marisa Febrilian)

Coba dongakkan kepalamu ke atas langit. Hmm.. lihat sesuatu berwarna putih? Yupp… Itulah awan. Kenalan, yuk!

Pasukan Putih Tingkat Satu

Pasukan tingkat pertama, namanya adalah Cirrus. Pasukan Cirrus biasanya berada pada ketinggian di atas 18.000 kaki. Pasukan Cirrus ini adalah pasukan yang berada paling tinggi daripada pasukan Putih lainnya. Eits, pasukan Cirrus memiliki beberapa anggota, lo. Ada Cirrus, Cirrocumulus, dan Cirrostratus. O ya, anggota pasukan Cirrus punya ciri-ciri tersendiri, nih:

  1. Cirrus: Gumpalan awan putih dengan bentuk tipis dan berserat seperti bulu burung. Awan Cirrus terbentuk ketika uap air membeku menjadi kristal es pada ketinggian di atas 8.000 meter.
  2. Cirrocumulus: Lapisan awan yang bentuknya seperti ombak di pantai, ada juga yang berbentuk seperti bulatan kecil yang bergerombol. O ya, anggota Cirrocumulus ini terkadang terbentuk dari peleburan awan Cumulonimbus (CB).
  3. Cirrostratus: Bentuknya seperti serabut halus dan tipis berwarna putih. Munculnya awan Cirrostratus bisa menimbulkan Halo (sinar yang membentuk lingkaran di langit, akibat dari pantulan atau pembiasan sumber cahaya).

Pasukan Putih Tingkat Dua

Pada tingkat dua, Pasukan Putih bernama Alto. Kalau pasukan Alto berada pada ketinggian antara 6.500 kaki sampai 18.000 kaki. Sama seperti Pasukan Cirrus, Pasukan Alto juga punya anggota dan tentunya ciri-cirinya :

  1. Altostratus : Awan ini biasanya berwarna kelabu. Awan Altostratus termasuk awan hujan. O ya, awan ini terbentuk pada waktu senja dan malam hari. Saat matahari muncul, awan Altostratus akan menghilang.
  2. Altocumulus : Bentuknya seperti segumpalan kapas yang bergerombol. Biasanya berwarna putih atau ke-abu-abuan.

Pasukan Putih Tingkat Tiga

Pasukan pada tingkat ketiga, namanya adalah Stratus. Pada tingkat ini, pasukan Startus berada paling rendah dibandingkan pasukan lainnya. Pasukan Stratus berada pada ketinggian di bawah 6.500 kaki. Ini dia anggota pasukan Stratus :

  1. Stratus                       : Awan Stratus berada pada ketinggian yang rendah sekitar 2.000 meter. Bentuk awannya melebar dan mirip seperti kabut.
  2. Strato Cumulus       : Awan ini berbentuk seperti bola-bola yang berkumpul, sehingga tampak seperti gelombang di lautan. Awan ini tidak menimbulkan hujan.
  3. Nimbostratus           : Awan Nimbostratus bentuknya tidak beraturan. Berwarna putih keabu-abuan dan menimbulkan hujan gerimis.

Pasukan Putih Tambahan

Eits, masih ada satu pasukan lagi nih. Pasukan tambahan ini termasuk pasukan Vertikal. Soalnya pasukan ‘Putih’ ini terbentuk secara vertikal. Anggotanya ada dua, Cumulus dan Cumulonimbus. Kalau Cumulus, berada pada ketinggian rendah, tapi awan ini bisa meninggi ke atas. Batas ketinggiannya, mulai dari rendah hingga sedang. Sedangkan Cumulonimbus adalah awan yang bervolume besar dan menjulang dari ketinggian rendah hingga sangat tinggi. O iya, awan ini rawan menimbulkan badai dan petir.

Wah, ternyata jenis-jenis awan itu banyak, ya! Mulai dari bentuknya, proses terbentuknya, sampai ketinggian awannya. Keren!