Merawat Tablet Agar Awet

By willa widiana, Rabu, 30 Agustus 2017 | 09:50 WIB
Merawat Tablet Agar Awet (willa widiana)

Kita mudah sekali berselancar di dunia maya dengan Tablet PC. Benda kecil itu sanggup menyimpan jutaan informasi yang dapat kita lihat sewaktu-waktu. Agar tablet kita awet, kita mesti tahu bagaimana merawatnya.

  1. Layar tablet adalah bagian paling penting. Sebab, kita menggunakan tablet dengan cara menyentuh layarnya. Agar layar tablet kita awet, maka jangan biarkan layar tablet terkena terik Matahari. Sinar Matahari yang terlalu panas bisa membuat layar tabletmu mudah rusak, lo.
  2. Jangan letakkan tablet dekat benda-benda bermagnet. Sebab, bisa merusak layarnya.
  3. Bersihkan layar menggunakan kain pembersih yang halus dan lembut. Bersihkan layar tablet ketika sedang tidak menyala.
  4. Berilar layar tabletmu pelindung. Jangan biarkan ia tergeletak begitu saja tanpa pelindung. Apalagi di tempat yang kotor berdebu. Jika layar tablet berdebu, jangan langsung diusap dengan kain, apalagi ujung kaos atau baju. Gunakan peniup debu untuk membuang debu yang melekat pada layar. Setelah debu-debu kasarnya terbang, baru usaplah layar menggunakan kain atau tisu khusus untuk tablet.
  5. Lindungi tabletmu dengan sarung karet atau sejenisnya agar tidak mudah rusak jika terbentur sesuatu.
  6. Jangan menindih tablet dengan benda-benda berat. Sebab, tablet tidak dirancang untuk menahan benda berat.
  7. Tablet adalah komputer yang sangat tipis. Ruangan di dalamnya sangat sempit. Akibatnya, mesinnya jadi cepat panas. Karena itu, hawa panasnya perlu dikeluarkan agar mesin tidak cepat rusak.
  8. Agar hawa panas keluar dengan lancar, lubang angin jangan sampai tertutup atau kemasukan debu. Ketika menyala, jangan letakkan tablet di atas alas yang terlalu lembut, seperti selimut, karpet, atau bantal. Benda seperti itu bisa menghambat lalu lintas udara panas.
  9. Simpan tabletmu di tempat yang suhunya normal. Jangan simpan di tempat yang terlalu dingin, misalnya 0 derajat celcius. Jangan juga disimpan di tempat yang suhunya lebih dari 50 derajat celcius.
  10. Jauhkan tablet dari hujan, udara lembab, rice cooker, dandang presto, dan barang-barang yang menghasilkan uap.
  11. Gunakan baterai dengan tepat. Perhatikan cara yang benar unruk mengisi baterai. Isilah baterai ketika sudah hampir habis, tetapi jangan sampai benar-benar mati. Isilah sampai penuh. Namun, segera cabut charger jika sudah penuh. Membiarkan arus listrik masuk terus-menerus bisa membuat baterai cepat panas dan cepat rusak.

Itulah beberapa tips untuk merawat tablet. Semoga bermanfaat!

Teks & Ilustrasi: Joko/Majalah Bobo