Markhor, Kambing Bertanduk Spiral

By willa widiana, Jumat, 1 September 2017 | 04:45 WIB
Markhor, Kambing Bertanduk Spiral (willa widiana)

Tanduk hewan ini panjang dan spiral. Sekilas mirip seperti bor dan pembuka tutup botol.

Namanya Capra falconeri atau bisa dipanggil Markhor. Hewan ini termasuk dalam spesies kambing liar besar. Yap, besar! Bayangkan saja, panjangnya saja bisa mencapai 132 – 186 cm, beratnya bisa mencapai 110 kilogram. Konon, tanduk markhor jantan bisa tumbuh lebih dari 1 meter. Wow.

Hewan ini bisa ditemukan di Timur Laut Afghanistan, Pakistan, India, Selatan Tajikistan, dan Selatan Uzbekistan. Biasanya mereka berada di gunung dengan ketinggian 600 – 3.600 meter. Hewan ini termasuk diurnal atau aktif di siang hari.

Menyesuaikan Diri

Bulu mereka bisa menyesuaikan dengan musim, lo. Jadi, bulu tersebut akan memendek di musim panas. Tetapi, jika memasuki musim dingin, bulu tersebut akan tumbuh dengan lebat dan panjang.

O iya, selain bulunya, cara makan mereka juga bisa menyesuaikan ternyata. Jadi begini, saat musim semi dan musim panas, mereka biasanya memakan rumput yang tumbuh di tanah. Kebiasaan itu disebut graze.

Tetapi, jika memasuki musim dingin, mereka akan memakan daun yang ada di pohon. Nah, kebiasaan itu biasa disebut browsing. Hebatnya lagi, mereka bisa berdiri dengan kaki belakangnya untuk menjangkau daun yang ada di pohon.

3 Jenis

Sang Betina biasanya akan mengandung selama 135 – 170 hari. Anak yang dilahirkan biasanya hanya satu atau dua ekor. Mereka hidup berkelompok dan biasanya terdiri dari sembilan ekor. Mereka mempunyai tiga sub spesies, yakni, Astor Markhor (Capra falconeri falconeri), Bukharan Markhor (Capra falconeri heptneri), dan Kabul Markhor (Capra falconeri megaceros).

Kambing liar ini termasuk ke dalam salah satu hewan nasional, tepatnya Hewan Nasional Pakistan.

Foto: Rufus46 – Creative Commons