Kiwano, Melon Tanduk yang Punya Banyak Rasa

By Eka Kartika, Senin, 4 September 2017 | 10:45 WIB
Buah Kiwano - Melon Tanduk, Foto: Pixabay (Eka Kartika)

Meski bentuknya mirip buah naga, buah kiwano (horned melon) memiliki perpaduan rasa dari beberapa buah, lo. Hmm... Dari manakah buah ini berasal dan apa saja manfaat yang terkandung dalamnya?

Buah Unik

Memiliki nama ilmiah Cucumis metuliferus, kiwano adalah buah khas Afrika. Buah kiwano ini unik. Di kulitnya banyak terdapat tonjolan seperti tanduk, mirip buah naga.

Sebagian orang ada yang menyebut kiwano sebagai melon tanduk. Namun di negaranya, kiwano disebut dengan African horned cucumber. Sedangkan di Zimbabwe, kiwano dikenal sebagai gakachika.

Perpaduan Rasa dari Beberapa Buah

Buah berbentuk oval ini memiliki perpaduan dari beberapa buah-buahan, lo. Lihat saja ketika dibelah dua. Kiwano akan memperlihatkan isinya yang berair, berbiji seperti mentimun, serta berserat hijau. Nah, Ketika buah tersebut dimakan, maka kita akan merasakan kombinasi segar, seperti memakan buah pisang, lemon, mentimun dan markisa.

Di Zimbabwe, tepatnya Gurun Kalahari, kiwano sering dimanfaatkan sebagai sumber air dan diolah menjadi campuran salad serta berbagai makanan ringan. O iya, ada juga masyarakat Zimbabwe yang hanya menjadikan buah ini sebagai hiasan rumah atau membiarkan buahnya di ladang pada saat musim kemarau.

Manfaat Buah Kiwano

Buah Kiwano mengandung beberapa vitamin. Seperti vitamin E yang berguna untuk kekebalan tubuh, vitamin A untuk kesehatan mata, juga zinc yang baik dan berguna untuk pertumbuhan tulang.