Rub al Khali, Gurun Pasir Terluas di Dunia

By Eka Kartika, Senin, 4 September 2017 | 08:07 WIB
Gurun Pasir Rub Al Khali, Foto: wikipedia.org (Eka Kartika)

Bagi negara-negara Timur Tengah, hamparan padang pasir atau gurun pasir bukanlah pemandangan yang aneh. Dari sekian banyak gurun pasir di Timur Tengah, gurun pasir Rub al Khali merupakan yang terluas di dunia.

Rub Al Khali Melintasi 4 negara

Gurun pasir Rub al Khali memiliki luas sekitar 250 ribu mil persegi atau setara dengan 650 km persegi. Uniknya, gurun pasir Rub al Khali ini menutupi hampir sepertiga wilayah Semenanjung Arab. Bahkan, gurun ini masih lebih luas dari gabungan luas negara Belanda, Prancis, dan Belgia jika disatukan. Wow, luas banget, ya!

Tak hanya itu, gurun yang memiliki gunung-gunung pasir lebih tinggi dari menara Eiffel ini, melintasi 4 negara! Negara-negara itu adalah  Arab Saudi, Oman, Uni Emirate Arab, dan Yaman.

Kekayaan dan Fenomena Alam

Meski hanya terlihat seperti hamparan gurun tandus, ternyata banyak kekayaan serta keunikan yang tersimpan di gurun Rub al Khali. Salah satunya adalah tersimpan banyak sumber minyak di gurun ini. Beberapa di ataranya sudah ditemukan.

Tak hanya memiliki kekayaan alam, beberapa fenomena alam unik pun dimiliki oleh gurun pasir Rub al Khali. Ada dataran garam yang cukup luas, gunung-gunung pasir yang tertiup angin hingga 30 meter tiap tahunnya, dan ada juga sungai pasir yang indah. Sungai itu bukan berupa air, melainkan aliran pasir yang mengalir seperti air.

Di sungai pasir tersebut, suhunya bertolak belakang dengan pasir-pasir yang ada di sekitar gurun. Jika pasir gurun akan terasa panas ketika kita genggam, pasir dalam sungai pasir justru terasa dingin.

Sampai sekarang, belum ada penjelasan mengapa fenomena alam sungai pasir dapat terjadi di gurun pasir Rub al Khali yang sangat luas ini.