Perpustakaan Baru untuk Anak Papua

By willa widiana, Selasa, 5 September 2017 | 08:05 WIB
Teman-teman dan perpustakaan barunya. (willa widiana)

Teman-teman kita yang ada di Papua mempunyai dua perpustakaan baru. Perpustakaan pertama ada di Sekolah Dasar YPK Kanda, sedangkan perpustakaan kedua ada di Sekolah Dasar Inpres Harapan, Sentani, Papua.

A Gift To Give

Pada 9 Desember 2015 – 29 April 2016 Mal Ciputra Jakarta mengadakan acara “A Gift To Give”. Dalam acara ini, para pengunjung diajak untuk menabung bersama atau membeli celengan yang telah disediakan. Uang hasil menabung bersama dan menjualan celengan itu akan digunakan untuk membangun perpustakaan di daerah Papua.

Berbagi Buku

Selain mengumpulkan uang untuk membangun perpustakaan, Mal Ciputra Jakarta dan Taman Bacaan Pelangi juga mengumpulkan buku cerita anak-anak. Selain bisa dibaca oleh anak-anak, buku baca anak-anak juga bisa digunakan oleh orangtua yang ingin belajar membaca. Jadi, orangtua dan anak bisa belajar membaca bersama-sama.

Meningkatkan Minat Baca

Menurut survei UNESCO pada tahun 2015, minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen (dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang suka membaca). Nah, dengan adanya dua perpustakaan itu, orang-orang yang sudah berpartisipasi berharap minat baca masyarakat Indonesia bisa meningkat. Selain meningkatkan minat baca, program-program seperti ini juga diharapkan bisa menghapus buta aksara di masyarakat Indonesia.

Foto: Dokumentasi Mal Ciputra Jakarta