Siapa Penemu Susunan Tombol QWERTY?

By willa widiana, Selasa, 5 September 2017 | 11:45 WIB
Siapa Penemu Susunan Tombol QWERTY? (willa widiana)

Susunan huruf di keyboar tidak berurut. Orang-orang menyebutnya dengan susunan QWERTY. Kira-kira, siapa penemu susunan tombol QWERTY? Kita cari tahu, yuk!

Pak Christopher

Pak Christopher Lathan Sholes adalah orang yang menemukan susunan tombol QWERTY. Beliau lahir pada 14 februari 1819, di Pennsylvani, Amerika serikat. O iya, beliau menemukan susunan QWERTY secara tak sengaja, lo!

ABCD

Pada tahun 1867, Pak Christopher merancang sebuah mesin ketik. Awalnya, keyboard mesin ketik itu dibuat dengan susunan huruf sesuai abjad latin, yakni A, B, C, D dan seterusnya. Tapi sayang, susunan huruf seperti itu sering menimbulkan masalah. Batang-batang huruf pada mesin ketik itu sering mengait. Jika sudah begitu, mesin ketik pun tidak bisa berfungsi dengan baik.

Saran dari Teman

Saat sedang mencari cara mengatasi masalah itu, Pak Christopher mendapat saran dari teman bisnisnya yang bernama Pak James Densmore. Pak James menyarankan Pak Christopher untuk membuat kombinasi huruf yang lain. Setelah mendengar saran itu, Pak Christopher pun mulai mengacak-acak urutan huruf di keyboard mesin ketiknya. Akhirnya, ditemukanlah susunan QWERTY.

Berkat susunan ini, batang-batang huruf pada mesin ketik tidak lagi bermasalah. Nah, susunan inipun terus digunakan hingga saat ini, termasuk susunan huruf dalam layar ponsel.

Teks: Rna/Willa, Ilustrasi: Ode