ATM Buku, Khusus untuk Setor Buku

By Sylvana Toemon, Selasa, 5 September 2017 | 09:30 WIB
ATM Buku, khusus untuk setor buku (Sylvana Toemon)

Anjungan tunai mandiri memiliki beberapa fungsi. Kebanyakan orang menggunakannya untuk mengambil uang tunai. Ada juga ATM yang gunanya untuk menyetor uang tunai. ATM yang ini gunanya untuk menyetorkan buku.

Membaca Banyak Manfaatnya

Membaca sangat banyak manfaatnya bagi kita. Sayangnya, tidak semua anak Indonesia dapat membaca buku. Di beberapa daerah, buku adalah barang yang langka. Tidak ada toko buku dan perpustakaan yang menyediakan buku bacaan. Buku-buku harus dibeli di kota besar, baru kemudian dikirimkan ke tujuan. Kadang-kadang biaya pengirimannya jauh lebih mahal dari harga bukunya.

Baca juga: 7 Manfaat Membaca

Kirim Buku Gratis Setiap Tanggal 17

Sejak bulan Mei 2017 yang lalu, pemerintah membuat program pengiriman buku gratis. Pengiriman buku melalui Pos Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia setiap tanggal 17 tidak dikenakan biaya. Tujuannya supaya lebih banyak orang yang mengirimkan buku ke berbagai daerah supaya lebih banyak orang yang dapat membaca buku.

Kompas Gramedia menyediakan ATM khusus untuk mengumpulkan buku-buku dari orang yang tergerak hatinya. ATM ini tidak bermesin. Gunanya untuk menyetorkan buku. Buku-buku yang terkumpul itu kemudian akan dikirimkan ke berbagai daerah setiap tanggal 17.

Apakah kamu juga ingin mengirimkan buku kepada anak-anak Indonesia di berbagai daerah? Apakah kamu pernah menyetorkan buku di ATM ini?