Apa yang Terjadi Bila Botol Minuman Tidak Dicuci?

By Putri Puspita, Rabu, 6 September 2017 | 04:26 WIB
Ingat Cuci Botol Minum Ya (Putri Puspita)

Kita sering lupa mencuci bersih botol minuman setelah selesai digunakan. Hal yang kita lakukan hanyalah mengisi ulang botol. Padahal, jika botol tidak dicuci, maka akan menjadi sarang bakteri.

Sarang Bakteri

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika botol minuman hanya diisi ulang tanpa dicuci, maka kemungkinan akan menjadi sarang bakteri.

Situs Treadmill Reviews mengulas penelitian di EmLab P & K, yaitu mereka menguji 12 botol air minum yang digunakan para atlet selama seminggu tanpa dicuci. Hasilnya begitu mengejutkan, karena ditemukan sejumlah sel bakteri hidup di sana.

Sumber Penyakit

Salah satu bakteri yang ditemukan, seperti bakteri coccus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, dan keracunan darah.

Bakteri bisa tumbuh dan berkembang di sela-sela tutup botol minuman. Apabila tidak dicuci dan dikeringkan dengan baik, maka botol pun akan lembab dan menjadi tempat yang menyebabkan bakteri berkembang pesat.

Bersihkan Botol

Penelitian menemukan bahwa botol minum yang berbentuk slide top memiliki kandungan bakteri tertinggi. Selain itu, botol dari plastik ditemukan mengandung lebih banyak bakteri, sehingga disarankan menggunakan botol minuman dari stainless steel.

Baca Juga: Tips Membersihkan Botol Minum

Sebaiknya, bersihkan botol minuman setelah digunakan sampai ke celah-celah kecil yang ada pada botol. Bagian seperti inilah yang biasanya menjadi sarang bakteri. Membersihkan botol bisa menggunakan air hangat dan tentunya dengan sabun pembersih. Lalu, keringkan botol, baru kemudian diisi ulang lagi.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID