Perlengkapan yang Digunakan Detektif

By Iveta Rahmalia, Kamis, 7 September 2017 | 09:45 WIB
Selain menyelidiki barang bukti untuk analisisnya, detektif juga perlu melakukan wawancara kepada orang yang terkait kasus. (Iveta Rahmalia)

Dalam kisahnya, Sherlock Holmes sering menggunakan jaket, topi, dan kaca pembesar. Perlengkapan itu lalu menjadi perlengkapan khas detektif. Cari tahu apa saja perlengkapan yang dipakai detektif, yuk!

Kaca Pembesar

Detektif biasanya membawa kaca pembesar dalam menyelidiki kasus. Kira-kira untuk apa, ya? Hmm.. kaca pembesar biasanya digunakan untuk memperjelas benda atau tulisan yang terlalu kecil. Detektif menggunakan kaca pembesar agar benda-benda atau tulisan kecil tidak ketinggalan untuk diselidiki. Siapa tahu, benda-benda itu bisa jadi petunjuk untuk memecahkan kasus.

Sarung Tangan

Ketika menyentuh barang bukti, sidik jari detektif tidak boleh ikut menempel di barang bukti itu. Kalau ada sidik jari lain selain sidik jari pelaku di barang bukti, bisa bingung menyelidiknya. Karena itu, detektif mengenakan sarung tangan setiap kali menyentuh barang bukti.

Jaket  Panjang

Kalau lihat di film-film detektif, jaket ini juga punya beberapa kantung di dalamnya. Kantung-kantung yang ada di dalam jaket biasanya digunakan untuk menyimpan barang bukti yang telah ditemukan.

Topi yang khas

Detektif Sherlock Holmes sering memakai perlengkapan berupa topi berwarna coklat yang khas. Topi itu bernama Deerstalker. Kalau ada penggemar cerita detektif melihat topi itu, pasti teringat dengan sosok Sherlock Holmes. Deerstalker juga sering dipakai beberapa orang di Eropa untuk berburu.

Itu dia perlengkapan yang sering dipakai detektif di dalam cerita atau film detektif. Tapi, ada juga detektif yang tidak menggunakan alat-alat itu dalam memecahkan kasus.