Kenapa Seseorang Bisa Mengalami Gangguan Bicara?

By willa widiana, Jumat, 8 September 2017 | 03:31 WIB
Kenapa Seseorang Bisa Gagap? (willa widiana)

Teman-teman mungkin pernah melihat seseorang yang kesulitan mengucapkan sebuah kata. Kesulitan mengucapkan kata itu dikenal juga sebagai gangguan bicara atau gagap. Kira-kira, kenapa seseorang bisa mengalami gangguan bicara, ya?

Pemblokan Suara

Orang yang mengalami gagap biasanya akan mengalami pemblokan pada suara saat berbicara. Pemblokan suara itu biasanya terjadi pada kata-kata yang diawali dengan huruf, B, K, P, dan juga M.

Bisa Dipengaruhi Lingkungan

Kesulitan bicara seseorang itu bisa dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi, gangguan bicara pada seseorang bisa berubah-ubah, tergantung lingkungannya. Contohnya begini, orang yang menderita gangguan bicara bisa berbicara lancar saat sedang sendiri, berbisik, menyanyi, atau dalam keadaan yang nyaman.

Tetapi, jika ia berada dalam keadaan yang tidak nyaman, tegang, hingga stres, gangguan bicaranya akan kambuh. Bahkan, gangguan bicaranya akan semakin parah, jika ia merasa malu dan takut dengan lingkungan sekitarnya.

Masalah Emosi

Dari penjelasan di atas, mungkin bisa disimpulkan bahwa gangguan bicara merupakan efek dari masalah emosi yang dialami oleh seseorang. Akan tetapi, sebuah penelitian yang dikutip oleh Kompas.com mempunyai pendapat lain.

Menurut penelitian itu, gangguan bicara pada beberapa orang merupakan gangguan biologis yang disebabkan oleh mutasi dari tiga gen. Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa serangan gangguan biacara biasanya terjadi pada anak-anak yang masih belajar bicara. Tapi, kondisi ini biasanya akan hilang seiring dengan perkembangan otak kita.

Nah, Teman-teman, mulai sekarang ayo kita buat lingkungan di sekitar jadi lebih nyaman. Dengan begitu, orang yang mengalami gangguan bicara di sekitar kita bisa mengatasi masalahnya sedikit demi sedikit.

Sumber: Kompas.com, Ilustrasi: Ode