3 Jembatan Unik yang Ada di Sungai

By willa widiana, Jumat, 8 September 2017 | 04:50 WIB
Jembatan Tarik di Pangkal Pinang (willa widiana)

Jembatan merupakan salah satu bangunan yang bisa membantu kita menyeberangi sungai. Tanpa jembatan, kita harus menempuh jalan yang lebih jauh untuk mencapai sebuah tempat. Bicara soal jembatan, negara yang memiliki transportasi air biasanya memiliki jembatan unik, seperti yang ada di bawah ini!

Jembatan Tarik

Sekilas, tidak ada yang aneh dengan jembatan ini. Tetapi, ketika kapal besar datang, bagian tengahnya akan terangkat dan jembatan pun terbelah menjadi dua. Jembatan ini memiliki dua jenis tiang. Tiang yang berdiri di sisi jembatan berfungsi sebagai alat penyangga, sedangkan tiang yang ada di atasnya berfungsi sebagai alat penarik jembatan. Indonesia memiliki jembatan tarik, letaknya di Pangkal Pinang. Namanya jembatan emas.

Jembatan Angkat

Jembatan ini memiliki dua buah tiang kokoh di setiap sisinya. Saat kapal besar lewat, bagian tengan jembatan akan terangkat, seperti lift. Proses pengangkatan ini dilakukan dengan alat khusus yang ada di masing-masing tiang.

Jembatan Putar

Jembatan ini cukup unik, sangat berbeda dengan dua jembatan di atas. Saat ada kapal lewat, bagian tengah jembatan akan berputar, sehingga sisi kiri dan kanan jembatan bisa dilewati kapal. Proses perputaran jembatan itu mengandalkan alat yang ada di bagian bawah tengah jembatan. Sekilas, jembatan ini mirip dengan mainan, lo.

Nah, Teman-teman, itulah 3 jembatan unik yang ada di sungai. Negara-negara yang memiliki sarana transportasi air pasti memiliki jembatan ini.

Foto: Willa, Creative Commons