5 Fakta Seputar Menara Pisa

By willa widiana, Jumat, 8 September 2017 | 06:55 WIB
Menara Pisa (willa widiana)

Italia punya banyak bangunan kuno, salah satunya adalah Menara Pisa. Menara yang terkenal karena kemiringannya ini menyimpan beberapa fakta, seperti:

Ratusan Tahun

Menara Pisa mulai dibangun pada tahun 1173. Proses pembangunannya dilakukan secara bertahap, jadi jangan heran kalau proses pembangunannya baru selesai di tahun 1399. Jika dihitung-hitung, proses pembangunan Menara Pisa memakan waktu lebih dari 200 tahun.

Lima Meter

Menara Pisa terkenal karena kemiringannya. Menurut ilmuwan, kemiringan Menara Pisa mencapai 5 meter dari garis lurus.

Tanah Tak Stabil

Menara Pisa didesain supaya bediri tegak lurus. Tetapi, karena dibangun di atas tanah yang tidak stabil, salah satu sisi Menara Pisa pun masuk ke dalam tanah. Nah, hal itulah yang membuat Menara Pisa miring seperti saat ini.

Beda Tinggi

Karena miring, tinggi Menara Pisa pun berbeda di setiap sisinya. Di satu sisi, tinggi Menara Pisa mencapai 56.67 meter. Di sisi lainnya, tinggi Menara Pisa hanya 55.86 meter. Unik, ya, Teman-teman!

Menara Lonceng

Menara Pisa merupakan menara lonceng. Menara ini dibangun di dekat Katedral dan The Baptistery (bagian gereja yang digunakan untuk pembaptisan). Ketiga bangunan itu dinamai Piazza dei Miracoli (persegi keajaiban).

Itulah 5 fakta seputar Menara Pisa. O iya, konon, Galileo pernah dibaptis di The Baptistery pada tahun 1565.

Foto: Florian Hirzinger – Creative Commons