Little Free Library, Perpustakaan Kecil tapi Besar

By Aan Madrus, Jumat, 8 September 2017 | 07:10 WIB
Little Free Library dibangun oleh Todd Bol pada tahun 2009 di Hudson, Wisconsin, Amerika Serikat. (Aan Madrus)

Perpustakaan ini kecil sekali. Hanya berupa sebuah lemari rak buku dari kayu seukuran koper. Tapi perpustakaan ini ada di mana-mana. Jadi besar juga, kan? Itulah Little Free Library.

Little Free Library dibangun oleh Todd Bol pada tahun 2009 di Hudson, Wisconsin, Amerika Serikat. Bol membangun perpustakaan itu untuk mengenang ibunya, seorang guru yang suka membaca. Selain itu ia ingin mendorong orang untuk suka membaca,

Perpustakaan yang dibangun Bol berupa sebuah lemari rak buku yang terbuat dari kayu seukuran koper. Rak buku itu dirancang sedemikian rupa hingga tahan air. Rak buku itu ditempatkan di depan rumahnya yang sering dilalui orang. Rak buku itu diberi tulisan “take a book, return a book”. Dari tulisan itu, tahulah orang-orang, bahwa buku itu boleh diambil dan silakan menaruh buku di situ.

Ide membuat perpustakaan kecil itu disukai tetangganya. Banyak tetangga yang meniru Bol. Mereka membuat perpustakaan kecil. Perpustakaan itu seperti mendukung kebiasan saling meminjam dan bertukar buku dengan teman-teman atau tetangga sekitar.

Dengan dibantu oleh temannya Rick Brook, Bol akhirnya membuat komunitas perpustakaan kecil yang diberi nama 'Little Free Library'. Pada tahun 2013 diperkirakan ada 12.000 anggota yang tersebar di 50 negara.

Kini Litte Free Library punya website. Di website itu kita bisa mendaftar menjadi anggota. Kita juga bisa mencari tahu, di mana saja ada perpustakaan mini. Siapa tahu ada dekat rumah kita. Kita bisa membeli lemari rak bukunya, memesannya sesuai selera, atau melihat cara-cara membuat lemari rak buku.