Roraima, Bukan Gunung Berbentuk Segitiga

By Marisa Febrilian, Minggu, 15 Oktober 2017 | 07:15 WIB
Gunung Roraima berada di perbatasan Venezuela, Brazil dan Guyana, Amerika Selatan. (Marisa Febrilian)

Unik! Gunung ini tidak berbentuk segitiga seperti gunung pada umumnya. Gunung ini sering disebut gunung meja. Tapi, ada juga yang mengatakan, kalau gunung ini mirip seperti batu yang melayang-layang. Yuk kita kenalan dengan Gunung Roraima!

Punya Tinggi dan Lebar

Tinggi gunung ini sekitar 2.801 meter dan lebarnya 2.338 meter. Wah kenapa gunung ini mempunyai lebar, ya? Yap! Bentuk gunung ini tidak segitiga seperti kebanyakan gunung-gunung lainnya. Karena itulah gunung ini disebut “Gunung Meja”. Hi..hi..hi.. terdengar lucu ya? O ya, nama asli gunung ini adalah Gunung Roraima. Letaknya di perbatasan Venezuela, Brazil dan Guyana, Amerika Selatan.

Penghuni “Gunung Meja”

Pada tanggal 18 Desember 1884, ahli botani dari Inggris, bernama Everard Im Thurn dan Harry Perkins, adalah orang Eropa pertama yang berhasil mendaki puncak gunung Roraima. O ya, tidak hanya mendaki saja, lo, mereka juga melakukan penelitian mengenai flora yang ada di sana. Hasilnya, di gunung Roraima ditemukan spesies endemik (makhluk hidup yang hanya ditemukan di satu lokasi geografis tertentu saja), yakni tumbuhan Pitcher.

Inspirasi Seniman

Ssst..pemandangan gunung Roraima juga menjadi daya tarik para seniman, lo. Salah satunya, film animasi berjudul UP. Film ini menggunakan pemandangan di gunung Roraima sebagai latar tempat cerita itu. Dan yang kamu lihat dalam film itu, sama seperti keadaaan sesungguhnya. Wah keren, ya!

Meskipun hanya bebatuan, tapi keindahan di gunung Roraima sangat memesona. Bahkan gunung ini termasuk salah satu warisan dunia, lo. Wow!