Tips Menjaga Rahasia Pribadi di Dunia Maya

By Eka Kartika, Senin, 25 September 2017 | 06:45 WIB
Simak tips ini supaya tetap aman berselancar di internet. (Eka Kartika)

Menjaga rahasia pribadi di dunia maya itu gampang-gampang susah. Agar kita tetap aman berselancar di dunia maya, simak tips ini, yuk!

Gunakan Kata Kunci Berbeda

Gunakanlah kata kunci (password) yang berbeda di setiap akun yang kita punya. Dengan menggunakan kata kunci unik dan beragam di berbagai akun, penjahat di dunia maya akan lebih kesulitan untuk mencuri informasimu. Dengan begitu, akun akan sulit diretas oleh orang yang tidak kita kenal.

Pastikan Keamanan Jaringan Internet Rumah

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah jaringan internet rumah. Kebanyakan router wireless (alat untuk mengirimkan data, lewat jaringan internet), memiliki kata kunci bawaan. Jaga baik-baik kata kunci itu, jangan berikan kepada orang yang tidak kita kenal. Jika ada orang lain yang tahu, mereka bisa mengakses data di komputer dan perangkat lain yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Hati-hati jika ada email mencurigakan

Apabila teman-teman mendapat e-mail dari orang tak dikenal, maka haruslah waspada. Penjahat cyber biasanya melampirkan file yang jika kita unduh, maka secara otomatis akan mengambil data-data informasi pribadimu.

File yang harus diwaspadai adalah nama file yang berakhiran .exe dan .bat.