Kesibukan Sebelum Badai Irma Menyerang Kuba

By willa widiana, Senin, 11 September 2017 | 06:35 WIB
Kesibukan Sebelum Badai Irma Menyerang Kuba (willa widiana)

Pada 8 September 2017, Badai Irma menyerang daerah Kuba. Sebelum badai irma menyerang, penduduk di daerah Kuba punya kesibukan yang berbeda-beda. Kira-kira, hal apa yang mereka lakukan sebelum badai?

Memberi Informasi

Saat ini, teknologi sudah berkembang. Jadi, para ilmuwan bisa tahu kapan badai menyerang suatu wilayah. Setelah mengetahui hal itu, para ilmuwan akan membagikan informasi kepada petugas pemerintah yang wilayahnya akan diterpa badai. Selain memberi tahu wilayah yang akan terkena badai, para ilmuwan juga akan memberi tahu wilayah yang tidak terkena badai.

Setelah mendapat informasi, petugas pemerintah akan memberi tahu para penduduk untuk mengungsi ke tempat yang aman (tidak terkena badai). Informasi ini biasanya disampaikan melalui radio, televisi, dan alat komunikasi lainnya.

Mengungsi

Setelah mendapat informasi resmi dari pemerintah setempat, para penduduk akan bersiap untuk mengungsi ke tempat yang telah disarankan. Sebelum pergi mengungsi, para penduduk akan menyiapkan barang-barang penting untuk dibawa ke tempat pengungsian. Di tempat pengungsian, akan ada orang yang bertugas menjaga kesehatan dan keamanan para pengungsi.

Menyelamatkan Lumba-lumba

Saat para penduduk sibuk menyiapkan diri untuk mengungsi ke tempat aman, orang yang bekerja di dolphinarium sibuk menyelamatkan lumba-lumba ke tempat yang tidak dilalui badai. Para lumba-lumba dipindahkan menggunakan helikopter. Supaya tidak kekeringan, lumba-lumba ditempatkan di atas spons basah. Lalu, tubuh bagian atasnya ditutupi kain basah.

Selama proses pemindahan berlangsung, ada dua orang pelatih dan seorang dokter hewan yang bertugas menjaga para lumba-lumba. Setelah berada di tempat yang aman, pelatih dan dokter hewan akan mengamati tingkah para lumba-lumba. Pengamatan ini bertujuan untuk menjauhkan lumba-lumba dari stres.

Dolphinarium adalah akuarium semi alami yang dibuka untuk umum. Di sini, pengunjung bisa mengenal dan berinteraksi dengan para lumba-lumba. Di tempat ini, pengunjung yang ingin berinteraksi dengan lumba-lumba dilarang menggunakan perhiasan karena bisa melukai lumba-lumba. O iya, pengunjung juga dilarang menggunakan sunblock atau tabir surya, karena bisa menganggu penglihatan lumba-lumba.

Kotak Fakta:

  1. Badai adalah putaran angin yang bisa merusak benda-benda di sekitarnya. Badai bisa disertai hujan, petir, pasir, es, dan gelombang. Badai yang disertai gelombang biasanya menyebabkan banjir.
  2. Sama seperti gempa, badai juga punya kekuatan yang berbeda-beda. Kekuatan badai dikategorikan menjadi 5, yakni badai kategori 1, 2, 3, 4, dan 5. Badai yang melanda wilayah Kuba, termasuk badai kategori 5 (memiliki kecepatan di atas 252km/ jam).
  3. Badai kategori 5 bisa membuat rumah rubuh. Pohon-pohon juga bisa tumbang. Wilayah yang terkena badai ini biasanya mengalami kerusakan parah, sehingga tidak bisa dihuni dalam waktu beberapa bulan.

Nah, teman-teman, itulah kesibukan yang dilakukan masyarakat Kuba sebelum badai irma menyerang wilayah mereka. Semoga teknologi di Indonesia bisa berkembang juga, ya! Jadi, sebelum bencana datang, masyarakat Indonesia punya waktu untuk mengungsi.

Ilustrasi: Ode