Bisbul, Buah Mentega yang Rasanya Manis

By Eka Kartika, Rabu, 13 September 2017 | 07:05 WIB
Pohon buah mentega, Foto: Wikipedia.org (Eka Kartika)

Buah bisbul dikenal juga sebagai buah mentega. Walau disebut sebagai buah mentega, rasa buah ini sebenarnya sama sekali tidak mirip dengan mentega. Ketika sudah matang, sebenarnya rasa buah ini manis dan legit.

Dari Filipina

Buah bernama latin Diospyros blancoi A. DC ini, termasuk dalam keluarga eboni yang kebanyakan memiliki batang berwarna kehitaman.

Asal mula buah bisbul sebenarnya bukan dari Indonesia, melainkan dari Filipina. Di negara ini, bisbul dikenal sebagai kamagong. Selain tumbuh liar di hutan, tanaman buah bisbul juga banyak dibudidayakan di pekarangan masyarakat Filipina.

Kini, buah bisbul telah menyebar ke berbagai negara beriklim tropis, salah satunya Indonesia.

Manfaat Buah Bisbul

Ssst, buah bisbul punya banyak manfaat, lo. Di dalam buah ini ada kandungan kalium yang dapat membantu kesehatan jantung.

Selain itu, buah bisbul juga dapat menjaga sirkulasi darah karena ada kandungan zat besi yang melimpah. O iya, karena kandungan seratnya, buah bisbul juga bisa menjaga kesehatan pencernaan, lo.

Nah, kalau di Filipina, buah bisbul biasanya dimanfaatkan untuk meredakan batuk, sesak di dada, bahkan juga asma.

Mengapa Disebut Buah Mentega?

Mengapa julukan buah mentega diberikan kepada buah bisbul? Pada saat buah ini matang dan dikupas, kita akan melihat warna yang mirip seperti warna mentega. Meski mirip mentega, rasa dan wanginya sama sekali berbeda dari mentega.