Nani Wartabone di Tengah Kami

By willa widiana, Selasa, 12 September 2017 | 07:15 WIB
Nani Wartabone di Tengah Kami (willa widiana)

Dari dulu sampai sekarang, Nani Wartabone selalu berada di tengah kami, masyarakat Provinsi Gorontalo.

Pahlawan Gorontalo

Teman-teman mungkin belum tahu, Bapak Nani Wartabone itu siapa. Ia adalah pahlawan nasional dari Provinsi Gorontalo. Pak Nani Wartabone memimpin dan mempersatukan rakyat Gorontalo untuk melawan Belanda. Pada 23 Januari 1942, ia mengibarkan bendera merah putih dan menyatakan kemerdekaan Indonesia di Gorontalo. Ya, Gorontalo sudah merdeka sebelum 17 Agustus 1945.

Mencintai Rakyat

Bapak Nani Wartabone lahir pada 30 Januari 1907. Ia berasal dari keluarga yang cukup berada. Ia juga  bisa bersekolah dengan mudah, bahkan sampai ke Pulau Jawa. Namun, Pak Nani Wartabone tidak sombong, ia sangat mencintai rakyat Gorontalo. Ia juga tidak suka bangsanya diinjak-injak oleh bangsa lain. Oleh karena itulah, Pak Nani Wartabone menentang penjajahan Belanda di Gorontalo.

Menjaga Gorontalo

Bapak Nani Wartabone memang telah pergi, pada 30 Januari 1986. Namun, perjuangannya tidak akan dilupakan. Karena itu, pada tahun 1987, didirikan monumen Nani Wartabone di tengah alun-alun Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Monumen itu selalu menemani dan menjaga masyarakat Gorontalo saat menjalankan aktivitas mereka.

Dari dulu sampai sekarang, Pak Nani Wartabone selalu berada di tengah kami. Tetapi, apakah kami selalu ingat dan meneruskan perjuangannya?

Teks: Lita, Foto: Riomanadona