Siapa Penemu Cermin?

By willa widiana, Jumat, 29 September 2017 | 09:46 WIB
Siapa Penemu Cermin? (willa widiana)

Cermin merupakan salah satu benda sederhana yang sangat berguna. Tanpa cermin, banyak kendaraan yang tabrakan. Tanpa cermin, rambut dan penampilan kita tidak akan rapi. Kira-kira... siapa, ya, penemu cermin?

8.000 Tahun Lalu

Cermin sudah ditemukan dan dibuat oleh manusia sejak 8.000 tahun lalu. Siapa yang menemukan dan membuatnya pertama kali, masih belum diketahui secara pasti. Yang jelas, cermin kala itu sangat sederhana! Mereka membuatnya dari kepingan batu mengkilap, seperti batu obsidian. Cermin obsidian yang berusia hampir 8.000 tahun ditemukan di Turki.

4.000 Sebelum Masehi

Pembuatan cermin terus berkembang! Pada tahun 4.000 sebelum masehi, bangsa Mesopotamia mulai membuat cermin dari tembaga yang mengkilap. Lalu, pada tahun 2.000 sebelum masehi, bangsa Tionghoa mulai membuat cermin dari perunggu. Perkembangannya terus berlanjut, jadi tak berhenti sampai di situ saja.

Abad 1 Masehi

Cermin kaca baru muncul pada abad ke-1 masehi. Cermin kaca yang pertama kali muncul itu berlapis logam dan dibuat di Sidon, Lebanon. Ilmu pengetahuan terus berkembang, pada abad ke-10, Fisikawan Arab bernama Ibnu Sahl menemukan cermin cembung dan cekung.

Pada abad ke-16, orang Eropa mulai menyempurnakan proses pembuatan cermin yang sudah ada. Mereka melapisi kaca dengan timah dan raksa. Cermin berlapis timah dan raksa itu bisa memantulkan bayangan dengan baik. Nah, cermin itulah yang digunakan hingga saat ini.

Itulah... sekilas kisah tentang cermin. Berkat cermin temuan mereka, aktivitas kita bisa berjalan dengan baik.

Teks: Rna/Willa, Ilustrasi: Ode