Golongan Darah AB yang Langka

By Sylvana Toemon, Selasa, 12 September 2017 | 09:15 WIB
Golongan darah Ab yang langka (Sylvana Toemon)

Apakah kamu memiliki golongan darah AB? Wah, berarti kamu termasuk yang bergolongan darah langka. Hanya ada sedikit orang di dunia ini yang memiliki golongan darah AB, lo.

Antigen

Setiap orang mewarisi golongan darahnya dalam gen yang didapatkan dari kedua orang tua. Darah yang ada di tubuh kita terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, platelet, dan plasma. Pada permukaan sel darah merah, ada protein yang yang terikat dengan karbohidrat sebagai penanda. Penanda ini disebut antigen. Antigen dikelompokkan dalam 8 golongan yaitu A, B, AB, dan O yang masing-masingnya bisa positif (+) atau negatif (-).

Baca juga: Siapa yang Pertama Kali Menemukan Golongan Darah Manusia?

Untuk Transfusi Darah

Adanya perbedaan antigen itu menjadikan golongan darah yang berbeda. Keempat golongan darah ini sangat penting untuk menunjukkan tipe darah yang bisa diterima lewat transfusi. Pasien yang menerima darah yang golongannya berbeda akan mengalami reaksi yang berbahaya.

Golongan Darah Paling banyak dan Paling Sedikit

Golongan darah A artinya kita memiliki antigen A. Demikian pula halnya dengan golongan darah B. Golongan darah AB memiliki antigen A dan B. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stanford School of Medicine, golongan darah yang paling banyak di dunia ini adalah O, diikuti oleh golongan darah A. Golongan darah B jumlahnya tidak terlalu banyak. Yang paling sedikit adalah golongan darah AB. Golongan darah AB termasuk golongan darah yang langka.

Apakah kamu atau temanmu memiliki golongan darah AB?