Inilah 5 Manfaat Sarapan

By willa widiana, Kamis, 14 September 2017 | 09:16 WIB
Jangan lupa sarapan! (willa widiana)

Banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal, sarapan punya banyak manfaat. Lima di antaranya ada di bawah ini!

1. Menghindari Kegemukan

Sarapan membuat perut kita kenyang. Jika perut kenyang, aktivitas dari pagi – siang pun bisa dijalankan dengan lancar. Jika kita melewatkan sarapan, kegiatan dari pagi – siang pasti akan terganggu karena perut yang keroncongan. Jika sudah begitu, kita pun akan makan camilan sepanjang hari. Hal itu bisa membuat kita gemuk, lo, Teman-teman.

O iya, menurut sebuah penelitian, orang yang melewatkan sarapan biasanya mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Selain itu, bobot tubuh orang yang melewatkan sarapan, biasanya lebih besar 4,5 kali daripada orang yang melakukan sarapan. Nah, sekarang kita bisa pilih sendiri, mau gemuk atau ideal?

2. Membantu Pertumbuhan

Anak-anak yang berusia 7 – 13 tahun memerlukan banyak asupan, supaya tubuhnya bisa tumbuh tinggi dan sehat. Makanan yang kita konsumsi saat sarapan bisa membantu proses pertumbuhan tubuh kita, lo. Kalau kita mau tubuhmu tinggi dan sehat, jangan lupa untuk sarapan dengan makanan yang sehat, ya!

3. Meningkatkan Daya Ingat

Makanan yang kita konsumsi saat sarapan akan menjadi sumber tenaga bagi otak dan tubuh. Otak yang bertenaga akan lebih mudah berkonsentrasi dan mengingat materi pelajaran. O iya, menurut penelitian, anak-anak yang melakukan sarapan punya nilai raport yang lebih tinggi, daripada anak-anak yang tidak sarapan.

4. Menumbuhkan Sikap Disiplin

Sarapan itu memang susah. Kita harus bangun dan siap-siap lebih pagi supaya bisa sarapan. Kalau tidak, kita bisa telat datang ke sekolah. Tapi, tahukah kamu? Kebiasaan bangun lebih awal itu akan menumbuhkan sikap disiplin pada diri kita. O iya, kebiasaan itu juga akan membuat kita lebih menghargai waktu.

5. Mengajarkan Kita Cara Bergaul

Saat sarapan, kedua orangtua kita pasti akan bertanya beberapa hal kepada kita. Entah itu tentang sekolah atau tentang hal lain yang berhubungan dengan kamu. Menurut Ibu Roslina Verauli (Psikolog), hal itu akan membuat kita jadi anak yang mudah bergaul. Seperti kamu tahu, anak yang mudah bergaul itu pasti banyak teman. Kalau banyak teman, sekolah pun jadi seru.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa manfaat dari sarapan. Jadi, jangan pernah melewatkan sarapan lagi, ya!

Ilustrasi: Ode