Desa Trusmi yang Penuh Warna

By willa widiana, Minggu, 8 Oktober 2017 | 04:35 WIB
Desa Trusmi yang Penuh Warna (willa widiana)

Daerah yang memiliki keraton, biasanya memiliki desa batik. Cirebon adalah salah satu contohnya. Kota ini memiliki dua keraton dan desa batik bernama Desa Trusmi.

Wisata Andalan

Desa Trusmi terletak di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Lokasinya sekitar 5 kilometer dari pusat kota Cirebon. Desa ini menjadi salah satu tempat wisata andalan yang dimiliki Kota Cirebon. Jadi, kita bisa menemukannya dengan mudah.

Rumah Batik

Desa Trusmi merupakan pusat batik Cirebon. Di sini, ada banyak rumah pembuatan batik. Setiap rumah pembuatan batik punya pegawai yang berbeda-beda. Jika dihitung-hitung, ada 1.000 orang yang bekerja di rumah pembuatan batik. Mereka berasal dari desa yang berbeda-beda. Ada yang asli Desa Trusmi, ada juga yang berasal dari desa sekitar, seperti Desa Kalitengah, Kaliwulu, dan Wotgali.

Belanja dan Belajar

Di sini, kita bisa belanja batik sepuasnya. Selain belanja, kita juga bisa melihat proses pembuatan batik. Dari semua rumah pembuatan batik, hanya beberapa rumah saja yang mengizinkan pembelinya melihat proses pembuatan batik.

Klasik dan Modern

Koleksi batik di Desa Trusmi cukup lengkap. Mau cari motif klasik, ada. Motif klasik khas Cirebon yang terkenal adalah Mega Mendung, Paksinaga Liman, dan Singa Barong. Sedangkan motif baru, tak terhitung jumlahnya. Kualitas kain batiknya pun beragam. Ada yang berharga puluhan ribu, ada juga yang ratusan ribu. Pokoknya, semua ada di Desa Trusmi.

Jika kamu pergi ke Cirebon, jangan lupa mampir ke Desa Trusmi, ya!

Teks: Joko/Willa, Foto: Ricky Martin