Bekal yang Baik itu Seperti Apa?

By willa widiana, Minggu, 8 Oktober 2017 | 04:06 WIB
Bekal yang Baik itu Seperti Apa? (willa widiana)

Sarapan memang penting, tapi kita juga tidak boleh melupakan makan siang. Jika di sekitar sekolahmu tidak ada penjual makanan, tak ada salahnya untuk membawa bekal ke sekolah. Tapi, pastikan bekal kita itu baik. Kira-kira, bekal yang baik itu seperti apa, sih?

Sehat dan Bersih

Bekal yang baik itu berasal dari makanan yang sehat. Agar menjadi bekal yang baik, makanan sehat itu harus diolah dengan cara yang baik juga. Maksudnya, bahan makanan dan alat memasaknya dicuci terlebih dahulu. Lalu, saat proses memasak berlangsung, tidak ada bumbu yang dimasukkan secara berlebihan.

Beragam

Menurut dokter Entos Zainal dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia, bekal yang baik itu beragam. Ada nasi/kentang, sayuran, telur/ikan/daging, dan buah. Makanan-makanan itu punya manfaat yang berbeda. Jadi, semakin beragam bekal yang kita bawa, semakin banyak juga manfaat yang diterima oleh tubuh.

Berganti

Bekal yang baik itu berganti. Maksudnya begini, hari Senin kita bawa bekal nasi, ikan, dan tumis sawi. Di hari Selasa, kita bisa membawa mie, telur, dan sayur. Jika kita hanya membawa menu itu setiap hari, gizi tubuh ktia tidak akan terpenuhi dengan baik. Selain itu, kita juga akan cepat bosan. O iya, sumber protein seperti daging, telur, dan ikan bisa diganti dengan tahu dan tempe, lo.

Kotak Bekal

Bekal yang baik harus disimpan di kotak bekal yang baik juga. Kotak bekal yang baik itu tidak mudah rusak jika terkena panas. Kotak bekal yang baik juga harus punya tutup yang rapat, jadi kotoran dan kuman tidak mudah masuk.

Nah, Teman-teman, sekarang kamu sudah tahu, kan, bekal yang baik itu seperti apa?

Teks: Joko/Willa, Ilustasi: Joko/dok. Bobo