Apa Manfaat Fluoride Pada Pasta Gigi?

By Marisa Febrilian, Jumat, 15 September 2017 | 08:13 WIB
Fluoride pada pasta gigi membantu mencegah kerusakan gigi (Marisa Febrilian)

Hampir semua pasti gigi yang dijual itu mengandung fluoride. Sebenarnya, apa ya fungsi fluoride untuk kesehatan gigi?

Pengusir Bakteri

Pasta gigi yang mengandung fluoride ternyata mampu mengusir bakteri jahat yang menempel pada gigi. Saat menggosok gigi, gigi akan menyerap fluoride yang terkandung pada pasta gigi. Plak sumber bakteri jika jika dibiarkan akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak gigi, seperti gigi berlubang. Selain itu, mineral yang terkandung dalam fluoride dapat menguatkan gigi, sehingga gigi tidak mudah goyah.

Untuk anak-anak umur 6 tahun, menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride membantu proses pembentukan gigi permanen.

Saat seseorang menderita mulut kering, penyakit gusi, sering mengalami gigi berlubang, atau menggunakan kawat gigi, maka penggunaan fluoride pada pasta gigi sangat dianjurkan

Baik tapi Jangan Berlebihan

Sebenarnya, pemakaian fluoride itu aman. Tetapi jika dipakai secara berlebihan bisa menyebabkan fluorosis. Gejala Fluorosis ringan ditandai dengan munculnya noda-noda kecil pada gigi. Sedangkan flourosis berat dapat menyebabkan warna kecokelatan pada gigi dan mengakibatkan gigi mudah retak. Di Indonesia sudah ditetapkan, kandungan fluoride dalam pasta gigi tidak boleh lebih dari 0,15 persen.

Selain dalam pasta gigi, kita juga bisa mendapatkan fluoride dari air minum. Fluoride ada juga yang diberikan langsung pada gigi oleh dokter gigi, biasanya dalam bentuk gel.