Apa itu Diseleksia?

By willa widiana, Jumat, 15 September 2017 | 09:10 WIB
Apa itu Diseleksia? (willa widiana)

Kamu pasti pernah melihat orang yang kesulitan membaca, mengeja, dan menulis? Orang yang mengalami keadaan seperti itu kemungkinan besar menderita diseleksia. Apa itu diseleksia?

Diseleksia adalah kondisi otak yang kesulita mengenal dan mengingat huruf. Diseleksia bisa dialami siapa saja, baik anak-anak atau orang dewasa.

Penderita diseleksia biasanya kesulitan saat membaca, mengeja, dan menulis. Ketika membaca, penderita diseleksia biasanya melakukannya perlahan-lahan dan sering salah. Ketika mengeja, ia kesulitan memisahkan huruf demi huruf. Saat menulis, penderita diseleksia sering salah meletakkan huruf-hurufnya. Misalnya, seharusnya ia menulis “Book”, tetapi ia malah menulis “Boko”.

Kalau belajar dengan cara khusus, penderita diseleksi bisa memperbaiki kemampuan membaca, mengeja, dan menulisnya. Penderita diseleksia itu sama sekali tidak bodoh. Mereka hanya mengalami kesulitan dalam membaca, mengeja, dan menulis. O iya, banyak orang pintar terkenal yang menderita diseleksia. Salah satunya adalah Hans Christian Anderson. Ia adalah penulis dongeng anak yang sudah terkenal.

Nah, Teman-teman, sekarang kamu sudah tahu, kan, apa itu diseleksia?

Teks: Rna, Ilustrasi: Ode