Awas Lalai di Gua Lalay

By willa widiana, Minggu, 17 September 2017 | 09:43 WIB
Awas Lalai di Gua Lalay (willa widiana)

Jangan sampai indahnya bauan dalam Gua Lalay memikatmu. Sebab, bahaya bisa sewaktu-waktu menyergapmu.

Wisata Sawarna

Gua Lalay terletak di Kampung Cipanas, Sawarna, Banten. Lokasinya tak terlalu jauh dari pantai-pantai indah Sawarna. Sekitar 10 menit jika ditempuh dengan mobil. Namun, menemukan gua ini tidak mudah. Sebab, tak ada gerbang yang menjadi tanda jalan menuju gua ini. Jika tanpa pemandu, akan kesulitan sekali menemukan Gua Lalay ini. Apalagi, jalan menuju ke sana harus melalui pematang sawah, menyeberangi sungai, meniti jembatan gantung, dan melintasi hutan kecil.

Masih Asli

Gua Lalay tergolong gua yang masih asli. Belum banyak wisatawan berkunjung kemari. Letaknya tepat di kaki Bukit Pasir Tangkil. Mulut guanya cukup lebar, tetapi atapnya rendah. sekitar tiga meter masuk ke dalam mulut gua, ada bendungan kecil. Bendungan ini dibuat penduduk sekitar. Bendungan itu untuk mengalihkan air sungai bawah tanah, menuju jalur irigasi pertanian.

Gelap dan Licin

Di Gua Lalay, belum ada tim khusus yang menyewakan peralatan jelajah gua. Karena itu, pengunjung gua harus mempersiapkan peralatan sendiri. Jika beruntung, kadang ada anak-anak yang menyewakan senter di sekitar gua. Gua Lalay benar-benar gelap gulita. Gua ini digenangi air setinggi setengah meter. Dasar gua ini lumpur yang sangat licin. Jika ke sini, sebaiknya bawa sepatu bot karet. Sebab, gua ini dihuni binatang liar, seperti ular dan kelelawar.

Teks: Joko, Foto: Ricky Martin