Falkirk Wheel, Jembatan Berbentuk Kincir

By Aan Madrus, Senin, 18 September 2017 | 07:02 WIB
Falkirk Wheel dan dermaga tempat kapal mengantri. (Aan Madrus)

Falkirk Wheel adalah jembatan yang unik. Jembatan ini menghubungkan kanal yang berbeda ketinggian, yaitu Fort dan Clyde Canal dengan Union Canal. Kanal-kanal ini dilintasi banyak kapal. Nah, agar kapal-kapal itu bisa menyeberang dari kanal yang berada di atas ke kanal yang ada di bawah dan sebaliknya, maka dibuatlah jembatan berupa sebuah kincir raksasa yang dilengkapi dengan 2 buah gondola.

Gondola Bertukar Tempat

Kedua gondola itu letaknya saling berseberangan. Ketika gondola yang satu sedang memuat kapal dari kanal atas, gondola yang lainnya memuat kapal dari kanal yang ada di bawah. Lalu kincir berputar 180 derajat, sehingga kedua gondola bertukar tempat. Kapal yang tadi naik gondola dari kanal di bawah kini posisinya berada di atas. Lalu kapal itu turun dari gondola untuk melanjutkan perjalanan. Begitu juga yang terjadi pada kapal di gondola yang satunya. Ia turun di kanal bawah lalu melanjutkan perjalanan.

Falkirk Wheel berada di daerah Falkirk, Skotlandia. Falkirk Wheel yang mulai beroperasi pada tahun 2002, adalah satu-satunya jembatan berbentuk kincir yang ada di dunia. Karena keunikannya, Falkirk Wheel menjadi salah satu tujuan wisata di Skotlandia.

Foto: Creative Commons