Dari Gelondongan Kayu Jadi Roda

By Aan Madrus, Senin, 18 September 2017 | 08:38 WIB
roda kayu (Aan Madrus)

Roda adalah salah satu penemuan yang hebat. Roda sudah ada sejak 6.500 tahun yang lalu. Bangsa Sumeria yang tinggal di Mesopotamia (sekarang Irak) yang pertama menggunakan roda. Dari mana ya, mereka mendapatkan ide untuk membuat roda? Para arkeolog penasaran. Mereka lalu mengadakan penelitian. Menurut mereka begini proses penemuannya!

Orang Sumeria punya pengalaman, kalau mereka menopangkan sebuah benda pada balok kayu bulat, maka ketika balok kayu itu menggelinding, benda yang menopang di atas balok kayu itu ikut bergerak bersama balok. Dari situ orang Sumeria menyadari bahwa balok kayu bisa memindah benda yang berat. Hmm… itu penemuan yang hebat.

Orang Sumeria lalu membuat bak kayu berkaki, tempat menaruh benda yang ingin dipindahkan. Mereka meletakkan bak kayu itu di atas balok. Ketika balok menggelinding, ternyata kaki bak itu menggerus balok kayu.

Orang lalu merampingkan balok kayu yang tergerus hingga bentuknya menjadi seperti tongkat. Bagian itu kemudian disebut as. Supaya bak kayu tidak jatuh, bak kayu diberi pasak yang menjepit as.

Namun roda kayu sering pecah. Jika di tengah jalan roda kayu pecah, orang harus mengganti kedua roda dan asnya sekaligus. Wah,  ribet, ya! Jika yang rusak hanya satu buah roda, sedangkan roda yang satunya beserta asnya masih bagus, kan sayang kalau harus dibuang. Maka orang membuat bak beroda dengan pasak, as, dan roda yang terpisah. Sehingga jika salah satu bagian rusak, hanya bagian yang rusaknya saja yang diganti.

Nah, begitulah awal terciptanya roda.