Hanbok, Pakaian Khas Korea

By Marisa Febrilian, Selasa, 19 September 2017 | 08:45 WIB
Hanbok dikenakan saat perayaan ulang tahun yang pertama. (Marisa Febrilian)

Kalau Indonesia, punya kebaya, Jepang punya kimono, mmm... bagaimana dengan negeri ginseng, ya?

Baju Kerajaan

Seperti halnya negara lain, Korea juga punya baju adat. Namanya Hanbok. Hanbok adalah baju kerajaan. Pada zaman dahulu kala, hanbok adalah pakaian tradisional yang dipakai oleh raja-raja pada masa Dinasti Joseon (1392-1910 M). Biasanya pakaian ini dikenakan untuk memperingati perayaan tradisional, seperti tahun baru Seollal, dan perayaan Chuseok.

Hanbok, Pakaian Korea

O iya, Hanbok ini mempunyai arti kata sendiri, lo. Kata Han berarti orang Korea, sedangkan kata Bok berarti pakaian. Jadi, Hanbok itu adalah pakaian orang-orang Korea. Dulu, penghuni kerajaan semuanya mengenakan hanbok. Mulai dari pelayan kerajaan sampai para raja dan ratu. Bedanya, hanya pada motif dan bahannya saja. Perbedaan itu menunjukkan status sosial.  

Hanbok Perempuan dan Laki-Laki

Di Korea ada dua jenis Hanbok, yakni hanbok untuk perempuan dan hanbok untuk laki-laki. Hanbok perempuan lebih di dominasi dengan warna-warna terang dan cerah, dipadu dengan rok. Sedangkan hanbok laki-laki biasanya berwarna lebih netral dan dipadu dengan celana. Anak-anak di Korea juga mengenakan Hanbok saat perayaan ulang tahun yang pertama, lo. Nama perayaannya doljanchi. Wah, ternyata hanbok memang selalu identik dengan perayaan besar, ya!

Hanbok dan Isinya

Nah, baju adat Korea ini terdiri dari berbagai macam. Ada Jeogori atau baju atas Hanbok, Dongjeong adalah kerah putih sepanjang garis leher, Chima atau rok luar hanbok, baji (celana), Otgoreum adalah bagian depan chima, Baerae yakni garis melingkar sepanjang tepian jeogori, dan buhshun yaitu kaos kaki. Sebagai pelengkap biasanya kaum perempuan memakai gache (wig) dan binyeo (tusuk konde) di kepala, sedangkan yang laki-laki memakai gat (topi) yang terbuat dari anyaman.

Nah, sekarang, siapa yang sudah siap mencoba baju ala raja dan ratu Korea? Hi..hi..hi..