Sebaiknya Minum Susu di Pagi atau Malam Hari?

By Putri Puspita, Rabu, 20 September 2017 | 03:35 WIB
Susu bermanfaat untuk kesehatan (Putri Puspita)

Susu adalah minuman yang bermanfaat untuk kesehatan. Banyak yang mempertanyakan, kapan waktu terbaik dalam minum susu. Pagi atau malam hari?

Minum Susu Pagi Hari

Susu banyak mengandung protein. Jika kita membutuhkan sarapan yang kaya protein, maka minum susu di pagi hari bisa menjadi pilihan.  Hal ini bisa diterapkan pada orang-orang yang suka berolahraga di pagi hari agar tulang dan otot mendapat asupan protein dan kalsium yang cukup.

Minum susu di pagi hari juga bisa dilakukan jika kita ingin merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga bermanfaat untuk seseorang yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Minum Susu Malam Hari

Minum susu di malam hari bisa membantu kita yang sulit tidur. Ketika minum susu di malam hari, tubuh menjadi lebih relax dan tidur pun akan nyenyak.

Hal ini juga bermanfaat untuk kita yang sudah lelah seharian bekerja. Ketika minum susu selepas bekerja, tubuh menjadi lebih santai. Kandungan susu, yaitu asam amino yang dikenal sebagai triftopan. Kandungan ini berguna dalam proses pelepasan serotonin dalam otak yang bisa memicu perasaan positif.

Mana yang Lebih Baik?

Pagi atau pun malam hari sebenarnya tidak masalah. Asalkan disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhan. Jika kita sering merasakan perut kembung, hindari minum susu di pagi hari. Jika kita sedang ingin menurunkan berat badan, hindari mengonsumsi susu di malam hari.