Alaska, Negeri Matahari Tengah Malam

By Iveta Rahmalia, Rabu, 20 September 2017 | 06:06 WIB
Alaska berbatasan dengan Yukon dan British Columbia di Kanada. Alaska juga berbatasan dengan Samudera Pasifik, Teluk Alaska, Selat dan Laut Bering, Laut Beaufort, Laut Chukchi, dan Kutub Utara. (Iveta Rahmalia)

Bagian dari Amerika Serikat

Alaska adalah negara bagian dari Amerika Serikat yang paling kaya alamnya. Meski menjadi negara bagian Amerika Serikat, letak Alaska tidak menyatu dengan daratan Amerika Serikat. Alaska berbatasan dengan Yukon dan British Columbia di Kanada. Alaska juga berbatasan dengan Samudera Pasifik, Teluk Alaska, Selat dan Laut Bering, Laut Beaufort, Laut Chukchi, dan Kutub Utara.

Tadinya, Alaska merupakan bagian dari Rusia. Lalu pada 30 Maret 1867, Amerika Serikat membeli Alaska untuk menjadi negara bagiannya.

Super Dingin

Karena letaknya di belahan Bumi bagian utara, suhu di Alaska bisa sangat rendah jika sudah tiba musim dingin. Suhu terendahnya bisa mencapai -62 °C, sedangkan suhu tertingginya mencapai 38 °C.

Matahari yang Bersinar Lebih Lama

Alaska dijuluki sebagai Land of the Midnight Sun atau Negeri Matahari Tengah Malam. Dijuluki begitu, karena Alaska mendapat sinar matahari lebih lama di musim panas daripada negara lain. Di saat Matahari sudah tenggelam di negara lain, Matahari masih bersinar di Alaska.

Selama hampir tiga bulan berturut-turut, dari Mei sampai Juli, Matahari tidak pernah terbenam di Barrow. Barrow adalah titik paling utara Alaska.

O ya, Alaska juga menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi para hewan, di antaranya adalah beruang grizzly dan elang botak.