Sejarah Telur Ceplok Jadi Telur Mata Sapi

By Aan Madrus, Kamis, 21 September 2017 | 05:35 WIB
Telur Ceplok atau Telur Mata Sapi (Aan Madrus)

Bobo.id - Salah satu olahan telur yang paling mudah dimasak dan disukai banyak orang adalah telur ceplok. Telur ceplok seringkali disajikan bersama nasi goreng. Telur ceplok disebut juga telur mata sapi. Apakah telur ceplok bentuknya mirip mata sapi?

Telur ceplok adalah telur yang digoreng tanpa diaduk terlebih dahulu. Telur ceplok biasanya berbentuk bulat berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning.

Penduduk Maryland di Amerika Serikat menyebut telor ceplok dengan kata dip eggs. Artinya telur celup. Ada juga yang menyebut dippy eggs.

Sedangkan orang Pennsylvania menyebutnya treasure eggs. Artinya telur yang menyimpan harta karun.

Orang Jerman menyebutnya spiegelei. Spiegel artinya cermin. Sementara Ei artinya telur. Menurutmu apakah telur ceplok itu mirip cermin?

Œil de Bœuf adalah sebutan bagi orang Prancis untuk telor ceplok. Kata itu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Bull’s Eye. Lalu orang Indonesia menerjemahkan Bull’s Eye menjadi mata sapi.

Memang benar secara harafiah Bull’s Eye artinya mata sapi. Namun, yang dimaksud dengan Bull’s Eye di sini adalah titik tengah lingkaran yang dijadikan sasaran (target) panah, tembakan atau permainan dart.

Foto: Creative Commons