Tips Berlibur Tanpa Orang Tua

By willa widiana, Jumat, 22 September 2017 | 09:35 WIB
Tips Berlibur Tanpa Orang Tua (willa widiana)

Teman-teman, apakah kamu pernah berlibur tanpa orang tua? Misalnya, berlibur dengan teman sekolah atau berlibur dengan sepupu-sepupumu? Bagaimana rasanya? Seru, kan?

O iya, bagi teman-teman yang belum pernah atau mau liburan tanpa orang tua, Bobo punya beberapa tips supaya liburanmu nyaman dan aman!

Tips 1 – Berbaur

Berlibur tanpa orang tua biasanya terjadi saat ada study tour sekolah. Agar tidak kesepian, cobalah untuk berbaur dengan teman-teman yang lain. Sebab, kita akan bersama mereka selama liburan berlangsung. Kalau kita belum kenal dengan teman-temanmu, ajaklah mereka berkenalan. Hal itu tidak ada salahnya, kok! Siapa tahu bisa jadi teman baik!

Tips 2 – Mandiri

Saat berlibur tanpa orang tua, kita harus menyiapkan segala kebutuhan kita sendiri. Selain itu, kita juga harus packing dan menjaga barang bawaan kita sendiri. O iya, kita juga harus tahu jadwal acara, jadi kita tidak akan menyusahkan orang lain yang ikut liburan bersamamu. Agar tidak kerepotan, bawa barang yang dibutuhkan saja.

Tips 3 – Jaga Komunikasi

Orang tua kita memang tidak ikut liburan. Namun, kita harus tetap menjaga komunikasi dengan mereka. Jangan sampai hilang kontak dan membuat mereka cemas. Supaya mereka tidak khawatir, selalu aktifkan alat komunikasi. Lalu, balas pesan dari mereka saat istirahat atau di dalam bus. Jadi, liburan jalan, komunikasi pun jalan.

Tips 4 – Nikmati Liburannya

Liburan tanpa orang tua mungkin akan sedikit merepotkan dan melelahkan. Tapi jangan sedih, nikmati liburannya dengan sepenuh hati! Bagaimanapun, inilah saatnya untuk bermain dan bersenang-senang dengan teman. Supaya liburannya makin seru, jangan lupa untuk mengabadikan hal-hal seru di dalam sebuah foto dan video, ya!

Itulah tips berlibur tanpa orang tua ala Bobo. O iya, liburan tanpa orang tua akan melatih sikap mandiri dan cara bersosialisasi kita, lo!

Teks: Dwi/Willa, Ilustrasi: Ode