Asal-usul Bahasa Daerah

By willa widiana, Senin, 25 September 2017 | 03:32 WIB
Asal Usul Bahasa Daerah (willa widiana)

Indonesia punya banyak suku. Suku yang tinggal di daerah Jawa punya bahasa yang berbeda dengan suku yang tinggal di saerah Sulawesi. Kira-kira, kenapa bahasa daerah di Indonesia berbeda-beda? Bagaimana asal-usulnya? Kita cari tahu bersama, yuk!

Austronesia

Konon, beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia berasal dari rumpun bahasa Austronesia. Misalnya, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Aceh, Bahasa Madura, Bahasa Batak, dan Bahasa Bali. Bahkan, Bahasa Indonesia juga berakar dari rumpun bahasa Austronesia, lo, Teman-teman. O iya, Rumpun bahasa Austronesia tersebar ke negara lain, seperti Hawaii, Madagaskar, dan Filipina. Jadi, rumpun bahasa ini tak hanya ada di Indonesia.

Berubah-ubah

Beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia memang berasal dari suku Austronesia. Namun, bahasa di setiap suku dan daerah selalu berubah dari waktu ke waktu. Nah, perubahan itulah yang membuat bahasa di setiap daerah berbeda. Perubahan yang terjadi dalam sebuah bahasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, migrasi, pertemuan dengan bangsa lain yang menggunakan bahasa berbeda, hingga perkembangan teknologi.

Nah, Teman-teman, kira-kira begitulah asal-usul bahasa daerah di Indonesia. Sekarang kamu sudah tahu, kan, kenapa bahasa daerah di Indonesia berbeda-beda?

Teks: Rna/Willa, Ilustrasi: Ode