Komet, Si Bintang Berekor

By Sylvana Toemon, Senin, 25 September 2017 | 03:10 WIB
Komet, si bintang berekor (Sylvana Toemon)

Komet telah lama menjadi teka-teki bagi umat manusia. Banyak yang berpendapat, munculnya komet adalah pertanda akan datangnya bencana. Apakah sebenarnya komet itu?

Benda Langit yang Mengelilingi Matahari

Komet adalah salah satu benda langit yang mengelilingi Matahari. Komet bukanlah bintang yang mengeluarkan sinar seperti Matahari. Ketika sebuah komet terlihat, bentuknya terlihat seperti titik cahaya yang sangat kecil di langit. Titik cahaya ini adalah inti komet. Para ilmuwan berpendapat, komet terdiri dari zat padat yang bergabung dengan gas. Sebagian zat itu berbentuk es. Dari mana zat ini berasal masih merupakan misteri.

Bintang Berekor

Pada waktu komet mendekati Matahari, kecepatannya akan bertambah. Komet terlihat seperti berekor dengan inti komet sebagai kepalanya. Ekor komet memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang bentuknya gemuk pendek, ada juga yang tipis panjang. Ekor itu terdiri dari gas dan partikel halus yang terpancar dari inti komet. Ekor komet ini terlihat seperti bertumbuh saat mendekati Matahari.

Baca juga: Perbedaan Asteroid, Komet, Meteorid, Meteor, dan Meteorit

Seperti Bergerak “Mundur”

 Saat menjauh dari Matahari, ekor komet juga bergerak menjauh dari Matahari. Tekanan dari Matahari yang mengakibatkannya. Akibatnya, komet yang menjauh dari Matahari terlihat seperti bergerak mundur. Ekornya berada di depan, diikuti oleh inti komet sebagai kepalanya. Selama perjalanannya menjauhi Matahari, kecepatan komet akan berkurang.

Baca juga: Komet Halley, Komet Paling Terkenal

Komet Halley yang Terkenal

Para astronom telah menemukan ribuan komet yang beredar mengelilingi Matahari. Salah satu komet yang terkenal adalah Komet Halley. Komet yang ditemukan oleh  Edmond Halley ini dapat dilihat dari Bumi setiap 76 tahun. Komet Halley terlihat terakhir kali pada tahun 1986.

Apakah kelak kamu akan menyaksikan kehadiran komet ini?